Senin, 07 Maret 2016

Stop! Tidur seperti ini Membuatmu tidak Sehat!

Semua orang membutuhkan tidur. Dengan tidur, tubuh dapat segar kembali dan rasa lelah dapat berkurang. Orang dewasa umumnya harus tidur 6 sampai 8 jam dalam sehari. Memang tidak mudah memiliki waktu tidur berkualitas di tengah rutinitas yang padat, tapi setidaknya sudah mencoba melakukannya.

Sebelum tidur, orang-orang biasanya memiliki ritual tidur yang unik. Ada yang harus main game dulu baru bisa tidur, ada yang nonton film dulu, ada yang baca buku dulu, bahkan ada yang harus pakai AC atau kipas angin agar tidur bisa nyenyak. Tapi, tak semua kebiasaan itu berdampak baik loh!

Inilah tidur yang membuatmu tidak sehat :
  1. Mencuci Muka dengan Air Dingin sebelum Tidur

    Cuci muka dengan air dingin / Gambar via arabiaweddings.com
    Mencuci muka sebenarnya kebiasaan yang baik, tapi jika menggunakan air dingin itu yang salah. Air dingin membuat mata tetap terjaga, sehingga menyebabkan insomnia. Sebaiknya jika ingin mencuci muka, lebih baik menggunakan air hangat.
  2. Bermain Smartphone sebelum Tidur

    Bermain smartphone sebelum tidur / Gambar via time.com
    Ini jelas tidak baik, karena radiasi smartphone dapat membuat otak tidak tidur dan jika berlanjut dapat mengakibatkan kanker otak. Memang sulit dicegah, tapi sebaiknya berhentilah memegang smartphone setidaknya satu jam sebelum kamu tidur.
  3. Tidur di Lantai tanpa Alas

    Tidur di lantai / Gambar via dawntalk.com
    Tidur di lantai meski sedang panas-panasnya itu tidak baik. Pasalnya, paru-parumu dapat terganggu karena kamu tidur di lantai.
  4. Tidur dalam Keadaan TV Menyala

    Tidur dengan TV menyala / Gambar via fourpins.com
    Ketika kamu nonton TV dan ketiduran, itu hanya mata kamu yang terpejam, otakmu tetap bangun. Bahkan, ketika kamu lupa mematikan TV dan acara TV masuk ke dalam mimpimu, itu akibat otakmu tidak beristirahat.
  5. Tidur di Depan Kipas Angin

    Tidur di depan kipas angin / Gambar via people.howstuffworks.com
    Indonesia memang panas, apalagi jika musim kemarau. Tapi, jangan sampai kamu tidur di depan kipas angin yang menyala. Hal ini sangat buruk, kamu bisa terkena angin duduk, mual, pusing, dan saluran nafas bisa terganggu. Apalagi jika kipas anginmu kotor.
  6. Merokok sebelum Tidur

    Merokok sebelum tidur / Gambar via sleepdisorders.about.com
    Merokok itu buruk di segala waktu. Terutama ketika akan tidur, merokok dapat menyebabkan kamu sulit tidur dan sesak nafas.
  7. Tidak Mematikan atau Meredupkan Lampu

    Tidur dengan mematikan lampu akan meningkatkan kualitas tidur / Gambar via jointessential.com
    Tidur yang baik adalah tidur dengan cahaya yang minim. Kalau kamu takut gelap, kamu bisa menggunakan lampu tidur dengan cahaya yang minim. Tidur dengan lampu yang menyala terang benderang dapat menyebabkan mood mu ketika bangun buruk, bahkan kamu merasa kurang tidur meski waktu tidurmu cukup.
Itulah kesalahan yang biasanya dilakukan ketika akan tidur. Mulai sekarang, hentikan kesalahan-kesahalan itu ya!
Stop! Tidur seperti ini Membuatmu tidak Sehat! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top