Selasa, 01 Maret 2016

Sholat Berjamaah sebagai Jalan Ampunan dari Allah Ta'ala

Sholat fardhu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Sholat juga sebagai perantara seorang hamba berkomunikasi dengan Allah Ta'ala. Sholat pun dapat dilakukan sendiri maupun secara berjamaah.

Sholat berjamaah bisa dilakukan minimal dua orang. Satu orang imam dan satu orang makmum yang semuhrim, atau tiga orang dengan satu imam dan dua makmum. Dikatakan bahwa sholat berjamaah itu memiliki pahala hingga 27 derajat.
Sholat berjamaah / Gambar via thepeninsulaqatar.com
Hal lainnya mengenai keutamaan sholat berjamaah yaitu sholat berjamaah dapat menjadi pelebur dosa. Allah Ta'ala akan mengampuni hamba-Nya yang melaksanakan sholat berjamaah.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Jika imam mengucapkan, 'Ghairil maghdhubi 'alaihim waladh dhallin.' (bukan orang-orang yang Engkau murkai bukan pula mereka yang tersesat). maka ucapkanlah, 'Aamiin' karena sesungguhnya siapa yang ucapan (aamiinnya) bersamaan dengan ucapan (aamiin) malaikat, niscaya diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaqun Alaih)

Dalam hadist riwayat Muslim, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Barang siapa yang berwudhu untuk sholat dan ia menyempurnakan wudhunya, lalu berjalan (untuk menunaikan) sholat wajib, dan ia sholat bersama manusia atau bersama jamaah atau di dalam masjid, niscaya Allah Ta'ala mengampuni dosa-dosanya."

MasyaAllah, banyak sekali jalan Allah Ta'ala untuk mengampuni umat-Nya. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan ini selagi kita bisa melakukannya.
Sholat Berjamaah sebagai Jalan Ampunan dari Allah Ta'ala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top