Minggu, 06 Maret 2016

Sebelum Mengkonsumsi Kopi, Perhatikan Hal Penting ini!

Sebenarnya, kopi sudah eksis dari beberapa ratus tahun yang lalu. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara pengekspor kopi besar di dunia. Kualitas kopi di Indonesia terbukti bagus dan tak kalah dengan kopi negara lain.

Kopi semakin eksis dengan adanya gerai-gerai kopi yang menjamur di perkotaan. Terlebih juga kasus Wayan Mirna Salihin yang meninggal akibat meneguk kopi yang mengandung sianida. Tapi kamu tak perlu takut untuk mengkonsumsi kopi, asal kamu tahu aturan dan cara yang tepat untuk mengkonsumsinya.
Minum kopi / Gambar via telegraph.co.uk
Inilah hal penting yang harus diperhatikan sebelum meminum kopi :
  1. Kopi dapat Membantu Membakar Kalori lebih Cepat

    Bagi kamu yang sedang diet, mengkonsumsi kopi dapat membantu program dietmu. Kopi dipercaya dapat mempercepat metabolisme tubuh, dan orang yang mengkonsumsi kopi memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi daripada yang tidak.
  2. Untuk Wanita Hamil, Jangan Minum Kopi!

    Keguguran dapat terjadi dua kali lipat pada wanita yang mengkonsumsi kopi lebih dari 200 miligram per harinya. Jadi jangan terlalu banyak minum kopi, atau lebih aman sebaiknya selama hamil jangan meminum kopi.
  3. Kopi dapat Meningkatkan Mood

    Buat kamu yang lagi galau, ada baiknya meminum secangkir kopi. Karena kopi dipercaya dapat menstimulasi tubuh untuk mengeluarkan hormon dopamine, yang membantu menimbulkan rasa senang.
  4. Kopi Membuatmu Mimpi Buruk di Malam Hari

    Orang yang mengkonsumsi 315 miligram kopi per harinya dapat meningkatkan rasa halusinasi yang hebat. Mereka bahkan merasa mendengar suara-suara aneh dan kehadiran hantu.
  5. Kopi Membuat Waktu Tidurmu Delay

    Dua jam sebelum tidur sebaiknya jangan minum kopi jika tidak ingin waktu tidurmu delay. Hal ini karena kopi menstimulasi tubuh untuk tidak mengeluarkn hormon melatonin, yaitu hormon yang menyebabkan kantuk.
  6. Kopi sangat Baik untuk Otak

    Penelitian mengungkapkan bahwa kopi bisa membuat orang terhindar dari penyakit saraf, seperti parkinson atau demensia. Namun hal ini masih diselidiki. Tapi penelitian lain menyebutkan bahwa kopi justru tidak baik bagi syaraf.
  7. Kopi Bahaya Bagi Penderita Penyakit Jantung

    Setelah minum kopi, tekanan darah akan meningkat, tapi jika berhenti hanya satu cangkir saja denyut jantung akan melambat dan tekanan darah meningkat. Bagi penderita penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi, harus lebih waspada.
  8. Kopi Mengurangi Rasa Sakit di Tubuh

    Kafein dalam kopi membantu tubuh mengurangi rasa sakit. Bahkan, obat penghilang rasa sakit kebanyakan mengandung kafein.
  9. Pandangan Mata lebih Tajam

    Setelah minum kopi, sekitar 20 menit, hormon adrenalin akan dilepaskan dari tubuh. Artinya bahwa pupil mata akan membesar dan menyebabkan pandangan lebih tajam.
  10. Kopi Menyebabkan Sakit Perut

    Sebelum minum kopi, ada baiknya kamu makan terlebih dahulu. Karena asam dari kopi akan meningkatkan asam lambung sehingga baik untuk proses pencernaan. Sebaliknya, ketika kamu mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong, hal ini akan sangat berbahaya.
Itulah aturan yang harus kamu taati sebelum meminum kopi. Jadilah konsumen kopi yang cerdas ya!
Sebelum Mengkonsumsi Kopi, Perhatikan Hal Penting ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top