Selasa, 08 Maret 2016

Kerjakan Sunnah ini ketika Terjadi Gerhana

Kabar gembira bagi warga Indonesia karena pada tanggal 9 Mei 2016 nanti, bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, di seluruh Indonesia dapat menikmati fenomena alam yang sangat menakjubkan, yaitu gerhana matahari total.

Dalam menyambut datangnya gerhana matahari total, kita tak hanya dapat menikmati keindahan fenomenanya saja, melainkan kita bisa mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah.
Gerhana matahari total / Gambar via timeanddate.com
ketika terjadi gerhana, disunnahkan memperbanyak dzikir kepada Allah Ta'ala, takbir, istighfar, do'a, bersedekah atau memerdekakan budak, berbuat baik, dan silaturahim.

Oleh karena itu, disunnahkan kita untuk meningkatkan ibadah kita saat terjadi gerhana. Gerhana adalah suatu fenomena yang langka dan belum tentu kita dapat menikmatinya setiap tahunnya.

Diriwayatkan oleh Al Bukhari, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah Ta'ala, dan keduanya tidak gerhana karena kematian seseorang atau kehidupannya (kelahirannya). Jika kalian melihat gerhana, maka berdoalah kepada Allah Ta'ala, bertakbirlah, bersedekahlah dan sholatlah."

Oleh karena itu, manfaatkan fenomena ini dengan kegiatan yang baik.
Kerjakan Sunnah ini ketika Terjadi Gerhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top