Senin, 07 Maret 2016

Inilah Adab Buang Air dalam Islam

Islam adalah agama yang sempurna. Segala hal ada aturannya. Hal itu bukan semata aturan, tapi juga menyelamatkan orang dari dosa yang timbul akibat perbuatan itu.

Dalam hal buang air, Islam juga menjaga dan menerapkan adab. Buang air artinya membuang kotoran, dan kotoran itu najis. Najis sebaiknya dihindari agar kita selamat dari kotoran najis tersebut.
Toilet umum / Gambar via kodoberu.com

Inilah adab buang air dalam Islam :

  1. Bacalah do'a masuk kamar mandi. Dari Anas bin Malik, bahwasanya Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam jika masuk ke kamar kecil beliau membaca: Allahumma inni a'udzubika minal khubsi wal khabaa is. (Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan." (Thirmidzi, Bab thaharah no. 6, Hasan Shahih)
  2. Ketika masuk kamar kecil, dahulukan kaki kiri dan keluar dengan mendahulukan kaki kanan. Ketika keluar, bacalah: Alhamdulillahilladzi adzhaba 'anil ada wa 'aafaani (Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dariku dan yang telah meneymbuhkan aku).
  3. Bersihkan kotoran setelah buang hajat dengan tangan kiri.
  4. Buang air di tempat yang tidak diketahui orang lain dan tempat tertutup, seperti toilet.
  5. Ketika buang air, jangan menghadap kiblat dan jangan pula membelakanginya.
  6. Jangan buang air kecil di lubang atau air yang tergenang. Buang air di lubang ditakutkan ada hewan yang terganggu akibat kotoranmu. Jika di air tergenang, penyakit akan mudah menular.
  7. Jangan buang air di tempat berteduh dan tempat yang sering dilalui oleh manusia.
Oleh karena itu, jagalah ketika buang air. Buang airlah di tempat yang semestinya, yang bersih dan terdapat air sehingga bisa bersuci. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah Ta'ala.
Inilah Adab Buang Air dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top