Minggu, 20 Maret 2016

Ingin Bekerja Produktif? Hilangkan Kebiasaan ini!

Dalam melakukan aktivitas, kita dituntut untuk produktif. Produktif artinya kita bisa menyelesaikan suatu tugas atau menghasilkan suatu pekerjaan. Produktif juga bisa diartikan bekerja sesuai dengan deadline.

Ketika kita bekerja sesuai deadline, pasti akan menyenangkan. Karena kita tidak harus lembur dan tidak tidur. Bekerja produktif bukan kita harus bekerja 24 jam penuh, asal kita bisa efektif dan efisien dalam menyelesaikan suatu tugas. Dalam bekerja ini pun, tak lepas dari kebiasaan yang menghambat produktivitas.

Inilah kebiasaan yang harus kamu hilangkan agar bisa bekerja produktif :
  1. Tidak Melakukan Olahraga

    Bersepeda santai bisa menjadi alternatif olahraga ringan / Gambar via cyclingtoindia.com
    Kebanyakan orang tidak melakukan olahraga dengan alasan sibuk. Padahal, waktu senggang kita sebenarnya ada, jika hanya meluangkan waktu 20 menit saja sehari. Lakukan olahraga ringan saja, misalnya bersepeda atau jogging. Tidak harus gym atau olahraga berat.
  2. Mengalir seperti Air

    Mengalir seperti air / Gambar via linkedin.com
    Go with the flow, itulah ungkapan yang biasa diucapkan orang yang sebenarnya sedang dikejar deadline, tapi masih ingin santai. Jangan terlalu terlena dengan ungkapan ini, terlalu terlena malah membuatmu menunda-nunda deadline. Sebaiknya buatlah jadwal agar deadline mu bisa terpenuhi.
  3. Menjadi Negatif dan Stress Sepanjang Waktu

    Menjadi stress / Gambar via corkhypnosisclinic.com
    Namun, meski kamu telah membuat jadwal, kalau kamu stress atau bad mood pun deadline mu akan tertunda juga. Karena kondisi stress atau bad mood bisa membuat orang malas melakukan suatu hal. Oleh karena itu, cari cara untuk menanggulangi stress dan bad mood.
  4. Mencoba Menjadi Produktif Sepanjang Hari

    Mencoba menjadi produktif sepanjang hari / Gambar via memecollection.net
    Waktu produktif tiap orang berbeda. Kamu jangan mencoba melakukannya di semua waktu. Alhasil malah kamu makin lelah dan tidak bisa mencapai deadline. Sebaiknya, cari kapan waktu produktifmu, apakah di pagi hari, siang, sore, atau malam hari. Dan di waktu itu kamu harus konsisten mengerjakan deadline, sehingga di waktu lain kamu bisa menggunakannya dengan hal lain.
  5. Melakukan Beberapa Hal dalam Satu Waktu

    Melakukan beberapa hal dalam satu waktu / Gambar via dtc-wsuv.org
    Memang kita sering berpikir bahwa mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu itu akan membuat pekerjaan selesai. Tapi ternyata, itu malah membuat hasilnya tidak maksimal. Sebaiknya, gunakan satu waktu untuk mengerjakan satu hal agar hasilnya maksimal dan bisa selesai sesuai deadline.
  6. Menonton TV sebelum Tidur

    Menonton TV sebelum tidur / Gambar via mychicagotherapist.com
    Produktif tidak hanya dalam masalah pekerjaan, tapi tidur pun bisa disebut produktif apabila tidur dengan waktu yang cukup. Sehingga kualitas tidur pun akan baik. Ketika menonton TV sebelum tidur, maka kita akan terpancing untuk terus menonton. Jikapun ketiduran, tetap saja kualitas tidur kita akan buruk karena radiasi dari TV dan suara TV membuat otak tetap terbangun meski mata terpejam.
  7. Melakukan Segalanya Sendiri

    Membagi tugas akan lebih menyenangkan dan tidak menghabiskan waktu / Gambar via distrohome.com
    Dengan rutinitas yang sangat padat, kamu tidak perlu melakukan segala tugas itu sendirian. Kamu bisa membaginya dengan yang lain. Misalnya jadwal membersihkan rumah, bisa kamu bagi dengan saudaramu.
  8. Memperjuangkan Kesempurnaan

    Memperjuangkan kesempurnaan / Gambar via midsmattermagazine.com
    Mengerjakan tugas dengan maksimal itu penting, tapi tak semua tugas memerlukan kesempurnaan. Jika kamu terlalu memperhatikan hal-hal secara detil, kamu akan kehabisan waktu karenanya. Jadi, kamu hanya harus mengerjakan suatu tugas dengan baik, tak perlu terlalu perfeksionis, lalu kamu bisa berpindah ke pekerjaan lain.
  9. Memberikan Tambahan Waktu untuk Mengerjakan Tugas

    Memberikan tambahan waktu untuk mengerjakan tugas / Gambar via brandmakernews.com
    Ketika kamu menargetkan tugas itu selesai dalam waktu dua jam, maka lakukanlah selama dua jam itu. Jangan pernah kamu mengulur-ulur waktunya meski waktu masih banyak. Jika itu terjadi, maka akan membuat dirimu terlena akan perpanjangan waktu itu.
Masih ingin produktif? Hilangkan kebiasaan itu mulai sekarang ya!
Ingin Bekerja Produktif? Hilangkan Kebiasaan ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top