Selasa, 29 Maret 2016

Hebat! Gelatin Babi bisa Dideteksi dengan Alat Temuan Profesor Asal Indonesia ini!

Belakang marak beredar berita mengenai kandungan babi di dalam makanan yang halal, misalnya kandungan babi di dalam bakso, ataupun di dalam es krim beberapa tahun silam. Tidak hanya pada makanan, kandungan babi juga terdapat pada obat-obatan dan kosmetik.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, terlebih bagi umat muslim. Pasalnya, bahan konsumsi yang biasa mereka gunakan dan tadinya halal malah berubah menjadi haram gara-gara kandungan babi di dalamnya.
Fredy Kurniawan, pencipta detektor babi / Gambar via id.linkedin.com
Namun tak perlu risau, salah seorang dosen fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam jurusan Matematika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Fredy Kurniawan, merancang alat pendeteksi gelatin babi. Alat ini dapat memeriksa kandungan babi di dalam makanan, obat, dan kosmetik.

Alat ini berbasis sensor Quartz Crystal Microbalance (QCM), sehingga hasil dapat langsung diketahui. Doktor lulusan Regensburg University, Jerman, ini mengaku bahwa biaya yang dikeluarkan untuk QCM ini tidak mahal, dibanding dengan alat serupa yang lain, yaitu sekitar Rp 100 juta. Padahal alat lain yang fungsinya serupa bisa memakan biaya hingga Rp 1 miliar.

Oleh karena itu, harga detektor ini nantinya juga lebih murah, sekitar dibawah Rp 2 juta. Cara keja detektor ini pun juga mudah dan sederhana. Produk yang akan diuji dimasukkan ke tabung detektor, kemudian akan teridentifikasi apakah bahan itu halal atau haram melalui sinyal yang dihasilkan dari bahan yang dites tersebut.
Alat detektor kandungan babi / Gambar via hidayatullah.com
Fredy berkata, "Jika alatnya berjalan baik, hanya butuh waktu kurang dari lima menit sudah bisa dilihat hasilnya. Kalau sinyalnya naik berarti mengandung babi, nanti akan terlihat naik terus secara konstan."

Berkebalikan dengan hal itu, jika daging sapi yan diteliti maa spektrum akan bergerak ke bawah. Sensitivitas bahkan hingga 100 ppm, artinya masih bisa mendeteksi hingga kandungan paling kecil.

Fredy berharap agar detektor temuannya ini dapat digunakan luas oleh masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendeteksi produk yang akan mereka konsumsi.

Hebat sekali ya readers? Semoga memang temuan profesor segera dapat dipakai khalayak luas.
Hebat! Gelatin Babi bisa Dideteksi dengan Alat Temuan Profesor Asal Indonesia ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top