Kamis, 03 Maret 2016

Gaji Rp 3 Juta tapi Ingin Menabung? Ini Triknya!

Mendapatkan gaji memang kebanggaan tersendiri pada diri seseorang, pasalnya ia dapat menghasilkan uang dari hasil jerih payahnya. Itu juga yang terjadi pada para pekerja baru yang juga baru mendapatkan gaji pertamanya.

Kebahagiaan ini terkadang membuat mereka lupa seberapa besar gaji yang mereka terima. Jadi, mereka akan terlena dan menghabiskan gaji mereka secara cuma-cuma dengan hal yang tak penting di awal bulan. Oleh karena itu, kamu perlu memanage uangmu agar gaji Rp 3 juta mu di akhir bulan tidak kehabisan dan masih bisa menabung.
Kelola uang gaji dengan baik / Gambar via usatoday.com
Inilah trik menabung dengan gaji Rp 3 juta :
  1. Museumkan Kartu ATM

    Jika ingin hemat ketika berbelanja atau keluar rumah, sebaiknya tidak usah membawa kartu ATM. Karena, kamu akan tergiur dengan banyaknya uang yang ada di ATM kamu. Sebaiknya bawa uang secukupnya dan seperlunya saja.
  2. Buat Rekening Tabungan Sendiri

    Untuk mencegahmu tergiur dengan godaan uang di dompet, kamu seharusnya membuat rekening tabungan yang khusus untuk menabung. Prioritaskan rekening tabungan ini agar kamu bisa menyisihkan uang untuk di tabung di awal bulan.
  3. Hindari Kredit Barang

    Terkadang melihat kredit suatu barang membuat kita laper mata. Tapi, pikirkan dulu untuk kredit barang. Barang seperti motor, smartphone, atau lainnya bisa kamu beli dengan menabung. Jangan sedikit-sedikit kredit, karena walaupun kreditnya sedikit tapi lama-lama akan memberatkan juga.
  4. Atur Pengeluaran setiap Minggu

    Jika mengatur uang bulanan masih susah, aturlah mulai dari pengeluaran mingguan. Misalnya pengeluaran bulanan sebesar 1.200.000, kamu bisa menaruh uang hanya 300.000 di dompet agar kamu tidak tergoda menggunakan uang lainnya.
  5. Belajar Memandam Rasa Hidup Mewah

    Ingat! Gajimu masih hanya Rp 3 juta. Hilangkan semua sifat ingin bermewah-mewahan, karena ini akan membuat uangmu cepat habis. Prioritaskan pengeluaran yang harus dikeluarkan di awal bulan, misalnya hutang, biaya kost, listrik, dan lainnya.
  6. Buat Tema Belanja Bulanan

    Untuk menghindari sifat foya-foya, kamu bisa membuat tema belanja setiap bulannya. Misalnya bulan Januari kamu gunakan sebagian untuk belanja baju, bulan Februari untuk makan di restoran mahal, Maret untuk menonton bioskop, dan sebagainya. Jangan sampai, ketika awal bulan kamu langsung ingin beli baju, nonton bioskop, dan makan di restoran mahal bersamaan.
  7. Buat Tabungan

    Tak ada salahnya membuat rincian apa yang akan dibeli dan besarnya uang yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa menyisihkan gajimu. Dan jika dana yang kamu alokasikan masih sisa, kamu bisa menggunakannya di bulan berikutnya.
Dengan trik di atas, kamu tidak akan kebingungan di akhir buan karena uang gaji mulai habis. Selamat mencoba!
Gaji Rp 3 Juta tapi Ingin Menabung? Ini Triknya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top