Sabtu, 19 Maret 2016

Cara Antisipasi Kecurangan saat Ujian Paling Unik Sedunia!

Tidak bisa dipungkiri, setiap pelajar pasti pernah mencontek. Entah itu sedikit atau banyak, entah itu melihat catatan, contekan yang dibuat, mencontek teman, atau yang paling modern saat ini adalah browsing dengan smartphone.

Memang sulit mengubah kebiasaan ini, apalagi jika mayoritas di dalam sekolah atau kelas itu melakukannya. Susah memang mencegah kebiasaan mencontek ini. Tapi jangan khawatir, selalu ada cara menanggulanginya.

Inilah cara antisipasi kecurangan saat ujian paling unik sedunia :
  1. Menggunakan Topi Penghalang Pandangan

    Topi penghalang pandangan / Gambar via odditycentral.com
    Topi penghalang ini bentuknya tidak seperti topi biasanya, melainkan penutup setengah kepala dengan kanan dan kiri terdapat kertas untuk menghalangi pandangan. Topi unik ini sudah dipakai saat ujian di beberapa kampus di Thailand.
  2. Ujian di Lapangan Terbuka

    Ujian di lapangan terbuka / Gambar via todayilearned.co.uk
    Di China, para murid ujian di lapangan terbuka. Tempat duduk yang satu dengan yang lainnya pun jaraknya jauh, sehingga tak memungkinkan untuk mencontek. Apalagi cuaca terik dan panas membuat mereka duduk diam di bangku sambil berusaha mengerjakan soal ujian sendiri.
  3. Menggunakan Box Penutup Kepala

    Box penutup kepala / Gambar via odditycentral.com
    Satu lagi dari Thailand dengan penghalang pandangan. Kali ini menggunakan box untuk menutup kepala, jadi hanya pandangan kita ke soal saja yang terlihat. Ini diterapkan di sekolah penerbangan Thailand.
  4. Menggunakan Camera CCTV

    Menggunakan camera CCTV / Gambar via thehindu.com
    Satu lagi dari negara China, mengawasi ujian dengan camera CCTV. Hal ini terbukti ampuh mengingat banyak orang yang ujian dan pengawas harus selalu siaga mengawasi.
  5. Menggunakan Drone sebagai Pengawas

    Menggunakan drone sebagai pengawas / Gambar via textually.org
    Tampaknya teknologi CCTV ada yang menandingi, yaitu dengan drone. Di salah satu sekolah di kota Antwerp, Belgia, para siswa yang ujian diawasi dengan drone. Drone ini DJI Phantom yang dilengkapi camera go pro.
Sepertinya cara antisipasi ujian ini bisa diterapkan di Indonesia. Kira-kira mana yang paling tepat diterapkan di Indonesia ya?
Cara Antisipasi Kecurangan saat Ujian Paling Unik Sedunia! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top