Kamis, 04 Februari 2016

Tips Menulis CV agar Memikat Perusahaan

CV atau curriculum vitae dalam bahasa Indonesia berarti daftar riwayat hidup, adalah daftar riwayat seseorang yang menceritakan keunggulan dan kualifikasi dirinya. CV biasa digunakan jika seseorang ingin melamar pekerjaan atau masuk ke suatu organisasi.

CV sangat penting, karena awal dari tahap rekruitmen dan perusahaan dapat menilai seberapa baik dan bagaimana kemampuan dari sang pelamar. Namun, membuat CV bukanlah hal yang mudah, ada trik khusus agar perusahaan senang dengan CV yang kita kumpulkan.
Curriculum vitae / davidemcrcracken.squarespace.com
Terkadang, para pelamar menganggap harus menulis segala tentang dirinya dengan mendetail. Tapi bagi perusahaan justru tidak begitu penting. Seperti halnya hobi, pelamar merasa penting dicantumkan tapi hanya beberapa perusahaan saja yang menganggapnya penting.

Ada yang beranggapan bahwa lamaran pekerjaan hanya boleh dua halaman tidak lebih, tapi beberapa perusahaan justru menganggap bahwa tidak harus seperti itu. Begitu juga dengan pas foto, para pelamar seringnya memakai foto terbaru, padahal itu yang malah membuat mereka tidak diterima dan melemahkan CV.

Dan inilah tipsnya membuat CV agar menarik hati perusahaan. Pertama, hindari salah ejaan dan salah ketika. Kedua, hindari kesalahan gramatikal. Ketiga, masukkan pencapaian yang telah diperoleh dari pekerjaan sebelumnya dengan detail. Keempat, gunakan bahasa yang terkesan profesional. Dan yang terakhir, jelaskan tanggung jawab dalam pekerjaan sebelumnya.

Dengan tips tersebut, peluang CV mu menarik hati perusahaan akan lebih besar. Sehingga kamu bisa diterima bekerja di perusahaan sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan malas untuk membaca dan meneliti ulang CV yang akan kamu kirimkan. Semoga sukses!
Tips Menulis CV agar Memikat Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top