Senin, 22 Februari 2016

Tips Mengenali Kekurangan pada Diri Sendiri

Diri sendiri adalah sosok yang paling dekat dengan kita, yang ada dan melekat pada kita sendiri. Sudah sewajarnya jika manusia menyayangi dirinya sendiri melebihi rasa sayangnya pada orang lain.

Meski begitu, tak selalu apa yang terjadi pada diri sendiri diketahui oleh manusia sendiri. Misalnya, masih banyak orang yang terkadang bingung dengan apa kemampuan mereka, juga apa kelemahan yang ada pada diri mereka sendiri. Untuk itu, ada tips untuk mengenali kekurangan pada diri sendiri.
Tips mengenali diri sendiri / Gambar via baddosneh.com

Inilah tips mengenai kekurangan pada diri sendiri :

  1. Memperhatikan apa yang dikatakan musuh. Jangan langsung marah jika musuh mengatakan hal buruk pada kita, dengan begitu kita dapat tahu apa kekurangan kita, karena musuh selalu melihat kekurangan. Inilah keunggulan dari apa yang dimiliki oleh musuh yang tidak dimiliki oleh teman kita.
  2. Memperhatikan apa yang dikatakan oleh keluarga, saudara, tetangga, juga teman, mengenai bagaimana diri kita. Dengan begitu kita bisa bercermin apakah kekurangan yang ada pada diri kita.
  3. Melihat para pelaku amal perbuatan. Bandingkan amal perbuatan kita dengan amal perbuatan mereka. Setelah itu kita bisa tahu bahwa bekas dari kekurangan itu merupakan suatu aib yang sudah seharusnya kita tinggalkan.
  4. Pilih teman yang berpikiran dewasa. Kemudian, mintalah ia untuk mengatakan apa kekurangan pada diri kita. Ketika mereka mengatakan kekurangan, bergembiralah meskipun dalam hati kamu merasa sedih. Karena jika kamu bersedih, maka temanmu akan merasa bersalah dan tidak mau mengatakan keburukanmu lagi.
  5. Memikirkan akibat yang ditimbulkan dari kekurangan buruk kita.
  6. Bayangkan perbuatan yang kita lakukan pada orang lain, tinggalkan perbuatan yang dianggap buruk dan lakukan perbuatan yang dianggap baik.
  7. Terakhir adalah merenungi perbuatan kita dalam satu hari tersebut. Tuliskan segala apa yang kita lakukan dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Baca dengan saksama, mana saja yang menunjukkan kekurangan dari diri kita.
Itulah tips untuk dapat mengenali kekurangan pada diri sendiri. Jadi, jangan merasa sombong dan paling benar ya.
Tips Mengenali Kekurangan pada Diri Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top