Sabtu, 06 Februari 2016

Keren! Inilah Lokomotif Paling Canggih di Indonesia

Kereta api di Indonesia merupakan alat transportasi yang sudah lama ada. Bahkan, dulu kereta api lebih banyak digunakan daripada bis atau angkutan umum.

Kini, kereta api yang digunakan oleh orang biasanya untuk perjalanan yang lebih panjang, misalnya antar kota atau provinsi. Di Indonesia sendiri, kereta api baru ada di pulau Jawa dan Sumatera, di Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan pulau-pulau kecil lainnya belum ada.
Lokomotif CC 205 / railpictures.net
Yang biasa kita ketahui, lokomotif kereta api yang ada di Indonesia itu sudah tua. Memang sebagian besar peninggalan zaman dahulu dan sekarang masih dapat digunakan. Tapi, Indonesia kini memiliki kereta canggih yang dibeli dari luar negeri. Mereka adalah CC 206 dari General Electric, USA dan CC 205 dari Electro Motive-Diesel, Kanada.

Untuk CC 205, digunakan untuk menggantikan lokomotif CC 202 yang sudah tua. Lokomotif CC 205 didatangkan dari Kanada ke Indonesia, tepatnya di Lampung karena digunakan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batu bara. Lokomotif ini datang secara bertahap, dari jumlah total 55 unit, 6 unit datang di tahun 2011, 44 unit datang di tahun 2013, dan 5 unit bonus datang di tahun 2014.

Lokomotif ini bernomor seri GT38ACe, yang berarti lokomotif CC 205 ini dapat digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang. CC 205 juga memiliki mesin V8 turbo, berkonfigurasi Co'Co dan motor AC.

Lokomotif ini menggunakan sistem operasi berbasis mikroprosesor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Semua fungsi dalam lokomotif dapat diunduh di laptop dan dapat ditayangkan di monitor. Jadi, ketika ada kerusakan dapat diketahui penyebabnya. CC 205 juga dapat menarik 30 - 70 gerbong.
Lokomotif CC 206 / flickriver.com
Selanjutnya adalah lokomotif CC 206, yang mana merupakan lokomotif diesel elektrik terbaru PT KAI buatan General Electric Transportation, USA. CC 206 memiliki 2 bogie dengan konfigurasi Co'Co, yaitu 3 buah roda penggerak di setiap bogienya. Kerennya lagi, lokomotif ini memiliki dua kabin masinis, di ujung depan dan belakang, seperti kereta di Eropa.

Lokomotif ini digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang. Beratnya sekitar 90 ton dengan beban gandar 15 ton, jadi rel di pulau Jawa juga harus disesuaikan dengan kondisi kereta ini.

CC 206 dapat menarik 30 gerbong barang dan 12 gerbong penumpang untuk satu lokomotif penarik. Sebanyak 34 lokomotif CC 206 ditempatkan di Dipo Lokomotif Sidotopo, Surabaya. Hal ini bertujuan untuk menggantikan lokomotif CC 201 generasi pertama yang mungkin akan pensiun.

Itulah lokomotif paling canggih yang ada di Indonesia. Jadi bangga ya punya kereta api canggih!
Keren! Inilah Lokomotif Paling Canggih di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top