Sabtu, 20 Februari 2016

Inilah Tiga Hal yang Menjadi Amalan Utama

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam seringkali ditanya sahabat mengenai amalan yang paling utama. Tentu saja yang menjadi amalan utama adalah segala hal yang mendatangkan pahala, juga kebaikan bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam juga mencontohkan perbuatan-perbuatan agar para sahabat dapat mencontohnya. Sebab, dengan mengikuti apa yang beliau kerjakan, dapat menjadi pahala dan amal baik kita.
Sholat / Gambar via en.wikipedia.org
Ketiga hal yang menjadi amalan utama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam antara lain jihad di jalan Allah Ta'ala, sholat tepat waktu, dan berbakti kepada orang tua. Ketiga hal inilah yang menjadi amalan utama. Ketiga perbuatan itu adalah sama dari segi pahalanya.

Dalam suatu kisah disebutkan ada seorang sahabat mendaftarkan dirinya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam untuk berjihat. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bertanya padanya apakah ia masih memiliki orang tua.

Sahabat berkata bahwa ia masih memiliki orang tua. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menyuruhnya untuk kembali pulang dan mengurus kedua orang tuanya. Hal itu sama dengan nilai berjihad.

Tapi jika dibutuhkan dan diharuskan untuk berjihad, hendaknya segera berjihad meskipun masih memiliki orang tua.

Walaupun juga mengerjakan salah satu amalan tersebut, jangan dijadikan alasan untuk tidak mengerjakan yang lain. Misalnya sudah berbakti kepada orang tua, jangan langsung tidak sholat tepat waktu dengan alasan sudah berbakti kepada orang tua. Sholat dan berbakti pada orang tua itu sama wajibnya.

Kita yang hidup di zaman modern ini memiliki kekurangan karena kita sudah tidak bisa lagi berjihad bersama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam. Oleh karena itu, misalnya dari ketiga amalan itu masing-masing memiliki nilai 100, jadi jika melakukan semuanya akan mendapatkan nilai 300.

Kita yang sudah tidak bisa berjihad bersama Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam masih bisa menyamai pahala para pendahulu, dengan melakukan sholat tepat waktu dan berbakti pada orang tua. Dan lakukan dengan maksimal hingga masing-masing itu kita dapat memperoleh pahala 150 agar menjadi 300. Sehingga kita bisa menyamai mereka dan bertemu mereka di surga.

Wallahu a'lam bishawwab.
Inilah Tiga Hal yang Menjadi Amalan Utama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top