Selasa, 23 Februari 2016

Inilah Perbedaan Air Rebusan dengan Air Kemasan

Air mineral atau air putih sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia. Tanpa air mineral, pastinya kurang segar dan kita pun tidak bisa terus menerus mengkonsumi air yang memiliki rasa dan warna.

Air mineral pun dikatakan paling sehat dan baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, mengkonsumsinya pun menjadikan tubuh lebih sehat. Dan pertanyaan yang muncul, manakah yang lebih baik antara mengkonsumsi air kemasan atau air rebusan sendiri? Inilah bedanya!
Air putih / Gambar via moneycrashers.com
Ahli hidrologi dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Sari Bahagiarti Kusumayudha, mengatakan bahwa air kemasan dan air rebusan sendiri pada dasarnya sama-sama baik, tapi tergantung juga seperti apa air yang kita konsumsi. Air kemasan yang baik adalah air kemasan yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencium dan memperhatikan air kemasan sebelum diminum. Jika air tersebut tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau, tentu jelas itu baik dikonsumsi.

Pada dasarnya juga air kemasan sudah melewati tahap uji coba dan penyaringan berkali-kali dengan alat modern, juga telah menggunakan sumber air yang bersih.

Untuk air rebusan yang baik sebaiknya jangan menggunakan air sumur. Karena air sumur mengandung zat-zat kimia dan mikroorganisme atau bakteri yang malah nanti dapat masuk ke dalam tubuh.

Tapi jika terpaksa menggunakan air sumur, juga tidak mengapa. Asalkan cara perebusannya yang baik, yaitu dengan merebus air sampai mendidih hingga 100 derajat celcius. Jika sudah mendidih, diamkan terlebih dahulu kurang lebih satu menit dan jangan langsung mematikan api.

Kandungan mineral di dalam air rebusan meski direbus hingga mendidih tidak akan hilang, tapi untuk air kemasan sangat berisiko hilang mineral karena di dalam air kemasan tidak memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi, sudahkah memutuskan untuk menggunakan air rebusan sendiri atau air kemasan?
Inilah Perbedaan Air Rebusan dengan Air Kemasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top