Kamis, 18 Februari 2016

Inilah Keberuntungan yang Dimiliki Manusia

Seringkali kita menyalahkan kehidupan kita, mengapa tak seberuntung yang lain. Kita merasa bahwa hidup orang lain lebih menyenangkan, padahal belum tentu. Bisa saja orang lain itu malah iri dengan kehidupan kita.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sendiri sudah banyak memberikan kiat-kiat agar mendapatkan keberuntungan. Tapi karena umat yang tidak mau tau, akhirnya kesialanlah yang terjadi karena tidak mengetahui ilmunya.
Rumah yang baik adalah rumah yang mendatangkan ketentraman / Gambar via 4freephotos.com
Sebenarnya, tak perlu muluk-muluk dalam hal keberuntungan. Hal-hal sederhana ini malah yang akan menjadi keberuntungan bagi tiap manusia. Dalam riwayat Imam Ahmad bin Hanbal, terdapat tiga ciri orang yang beruntung di dalam hidupnya.

Yang pertama adalah istri. Seorang suami yang memiliki istri shalihah adalah suami yang beruntung. Istri yang membawa keberuntungan adalah istri yang ucapannya menyenangkan hati, menyejukkan saat dilihat, dan amanah menjaga harta serta anak ketika ditinggalkan.

Dengan memiliki istri shalilah seperti ini, beruntunglah kehidupan hamba tersebut. Dan istri shalihah seperti ini adalah wanita yang memiliki pengetahuan agama yang baik, sehingga ia menjalankan peran sebagai seorang istri juga sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam agama Islam.

Selanjutnya adalah kendaraan. Kendaraan juga membawa keberuntungan bagi seorang hamba. Dengan memiliki kendaraan, jalan kita menuju kebaikan seperti mencari nafkah untuk keluarga, menuntut ilmu, dan hal kebaikan lainnya. Kendaraan ini tak hanya cepat, tapi juga sebagai kendaraan bagi seorang hamba kelak di akhirat.

Yang terakhir adalah rumah. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menyebutkan, "Rumah yang besar dan banyak menerima tamu." Rumah besar jangan hanya diartikan sebagai rumah mewah yang biasa kita lihat.

Tapi rumah besar adalah rumah dimana disana sering bertamu banyak orang untuk mengadakan kegiatan yang baik. Rumah yang sering mengadakan perkumpulan taklim, kajian, dan seluruh aktivitas yang mengingat Allah Ta'ala.

Rumah ini juga rumah yang dapat menentramkan hati bagi siapa saja yang datang. Yang merasa damai di dalam rumah ini. Percuma saja jika rumah mewah tapi tidak ada keberkahan di dalamnya. Tak pernah menerima tamu, bahkan masuk saja tidak ada rasa tentram.

Oleh karena itu, pandai-pandailah kita dalam bersyukur. Sebenarnya keberuntungan bukan datang secara tiba-tiba. Jika kita pandai dalam mencari dan menjalankan apa yang sudah diperintahkan-Nya, pastilah keberuntungan yang mencari kita, bukan kita yang mencari-cari keberuntungan.

Wallahu a'lam bishawwab.

Inilah Keberuntungan yang Dimiliki Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top