Kamis, 11 Februari 2016

Inilah Hukuman paling Aneh yang Pernah Dibuat Hakim

Di seluruh dunia terdapat perangkat penegak hukum. Dan hakim, bertugas untuk menjatuhkan hukuman bagi pelanggarnya. Di Indonesia sendiri, hukuman biasanya berupa denda atau kurungan. Di luar negeri pun begitu.

Tapi, tak semua hukuman berupa denda dan kurungan di luar negeri. Bahkan, hukuman itu terkesan aneh bagi kita orang Indonesia. Apa saja itu?
Hukuman / Gambar via laportecountysherriff.com
Inilah hukuman paling aneh yang pernah dibuat hakim :
  1. Hukuman terhadap Penggemar Musik RAP

    Andrew Vactor, seorang remaja penggila musik RAP harus dijatuhi hukuman denda 1,7 juta rupiah karena menyetel lagu RAP sangat keras di mobilnya. Oleh Susan Fornof Lippencott, seorang majelis hakim, lelaki 26 tahun itu diberi keringanan denda 400 ribu rupiah saja.

    Tapi, ia harus bisa mendengarkan lagu klasik karya Beethoven, Chopin, dan Bach. Baru 15 menit mendengarkan lagu klasik, Vactor nampaknya sudah tak tahan. Ia kemudian lebih memilih denda sebesar 1,7 juta rupiah daripada harus mendengarkan musik klasik.
  2. Hukuman Memetik Kapas karena Melanggar Lalu Lintas

    Di Uzbekistan, jangan remehkan pelanggaran lalu lintas. Disini, para pelanggar lalu lintas selain diminta SIM dan surat-surat lainnya, harus pula memetik kapas selama sebulan penuh jika ingin SIM dikembalikan.

    Di Uzbekistan juga memiliki SIM tak semudah di Indonesia, yang buat tinggal buat jika sudah cukup umur dan jika hilang bisa buat lagi. Kalau di Uzbekistan, membuat SIM tak semudah itu, jadi mau tak mau mereka harus memanen kapas selama sebulan penuh untuk mendapatkan SIM nya kembali.
  3. Pencuri Dihukum jadi Gelandangan

    Nathan Smith, seorang lelaki yang ketahuan mencuri uang untuk donasi gelandangan dan pengemis dihukum tidak dengan hukuman penjara atau denda. Melainkan ia harus menjadi gelandangan selama seminggu dan hidup serba kekurangan. Hal ini akan memberikannya efek jera bagaimana susahnya hidup menggelandang.
  4. Menggiring Keledai Keliling Kota selama Seminggu

    Hakim Michael A Cicconetti, adalah hakim yang terkenal sering menjatuhkan hukuman aneh dan konyol pada para terdakwa. Seperti yang dialami dua remaja di Amerika Serikat ini, Jessica Lange dan Brian Patrick.

    Mereka ketahuan mencuri patung dan harus menjalani hukuman berupa membawa keledai berkeliling kota selama seminggu dengan poster yang digantung di tubuh keledai, yang berbunyi 'Maaf atas perbuatan kami yang memalukan itu'. Mereka juga harus mengganti patung tersebut dan menjalani rehabilitasi selama 45 hari.
  5. Tuntutan Anak Manja si Pengangguran Berat

    Minta diadili tapi malah mendapat hukuman, itulah yang terjadi pada lelaki berusia 27 asal Spanyol. Anak durhaka ini menuntut orang tuanya karena orang tuanya mengurangi jatah uang jajannya. Dan ia meminta uang jajan 6,5 juta rupiah setiap bulan.

    Bukannya dikabulkan, hakim malah menjatuhi hukuman bagi anak durhaka ini. Lelaki ini harus pergi atau diusir dari rumah, dan jika dalam waktu 30 hari sejak diputuskan hakim ia tidak beranjak dari rumah orang tuanya, maka hakim akan menahannya dan memberikan sanki yang berat.
Waah ada-ada saja ya hukuman di dunia ini. Unik sekali ya, bagaimana jadinya jika Indonesia menerapkan hukuman seperti ini?
Inilah Hukuman paling Aneh yang Pernah Dibuat Hakim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top