Sabtu, 13 Februari 2016

Inilah Cara Cepat Bersihkan Komputer, 20 Menit Komputer Bersih

Komputer adalah peralatan elektronik yang terdiri dari berbagai perangat. Oleh karena itu, keberadaannya sangat perlu dibersihkan. Setidaknya, agar debu yang ada pada komputer hilang. Karena jika berdebu, komputer akan cepat panas dan akhirnya cepat rusak.

Komputer perlu dibersihkan minimal beberapa bulan sekali. Bagi sebagian besar orang, membersihkan komputer adalah cara yang sulit karena takut jika merusak berbagai komponennya. Tapi dengan tips ini, membersihkan komputer hanya perlu waktu 20 menit!
Membersihkan komputer / Gambar via cetec-cleaning.co.uk
Inilah cara cepat membersihkan komputer dalam waktu 20 menit :
  1. Persiapan Dasar

    Lepas semua colokan listrik yang terhubung ke komputer, pastikan komputer sudah tidak dialiri listrik. Kemudian, cabut semua kabel di komputer, seperti kabel USB, power, dan lainnya. Bawa komputer ke ruang terbuka tapi teduh, seperti teras rumah misalnya. Agar debu mudah hilang, juga jangan lupa gunakan masker.
  2. Perlengapan yang Harus Dipersiapkan

    Siapkan alat untuk membersihkan komputer, seperti obeng, air duster atau pembersih, kain pembersih, kuas kecil, pengikat kabel, jika ingin menambahkan pasta ke prosesor bisa gunakan temal paste. Jangan gunakan vacuum cleaner, karena dapat menyebabkan aliran listrik statis dan merusak komponen motherboard, VGA,dan tempat lainnya.
  3. Proses Pembersihkan

    Lepas bagian samping kanan atau kiri CPU terlebih dahulu. Untuk bagian kipas, bisa dilepas dulu kabelnya, juga komponen lain yang mudah dilepas seperti motherboard, VGA, dan Hard Disk. Untuk kipas sendiri bisa dilepas jika kamu memiliki thermal paste, karena setiap pelepasan kipas harus diolesi dengan pasta.

    Kemudian, bersihkan semua yang sudah kamu lepas. Bersihkan juga bagian dalam casing dengan air duster dan kain lap secara halus. Kain harus tetap lembab ya, bukan basah, agar memudahkan untuk pembersihkan.
  4. Merapikan Isi Komputer

    Selain dibersihkan, perlu juga bagian dalam komputer dirapikan. Tak hanya menjadi rapi, jika terjadi kerusakan atau akan dibersihkan lagi, maka posisi rapi ini sangat membantu. Gunakan pengikat kabel, jangan karet, untuk mengikat kabel komputer.
  5. Langkah Terakhir

    Pasangkan kembali komponen komputermu. Pastikan tidak ada yang basah.
Kini komputermu sudah bersih. Pasti performanya lebih baik daripada sebelumnya ketika masih penuh dengan debu.
Inilah Cara Cepat Bersihkan Komputer, 20 Menit Komputer Bersih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top