Senin, 22 Februari 2016

Inilah Cara Baik Menghadapi Pujian agar tidak Menjadi Sombong

Semua orang ingin dipuji atas segala perbuatan atau prestasinya, meskipun itu perbuatan yang terkesan sederhana. Memang pujian dapat membuat motivasi pada diri seseorang. Dengan pujian, seseorang akan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tapi sayangnya, pujian tak jarang membuat orang yang dipuji menjadi sombong. Ia merasa dirinya yang paling baik sehingga dipuji oleh orang lain. Padahal jelas saja bahwa sikap sombong sangat tidak dianjurkan.
Pujian dapat membawa kesombongan / Gambar via dailyproverbs.co
 Menghadapi hal ini, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memiliki cara tersendiri dalam menghadapi pujian agar tidak menjadi sombong. Yang pertama adalah menyadari bahwa orang yang memuji belum tahu kejelekan diri kita. Jadi, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika mendapat pujian, beliau berdoa, "Ya Allah ampunilah aku dari apa yang tidak mereka ketahui (dari diriku)." (HR. Bukhari)

Cara kedua, jika mendapatkan pujian karena memang benar kita pantas mendapatkan pujian itu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengajarkan agar berdo'a memohon kepada Allah Ta'ala untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Beliau pun berdo'a (Ya Allah, jadikanlah aku lebih baik dari apa yang mereka kira." (HR. Bukhari)

Dan yang terakhir adalah, ketika mendapatkan pujian kita harus tetap mawas diri. Dengan hal ini, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menanggapinya dengan berdo'a, "Ya Allah, janganlah Engkau hukum aku karena apa yang dikatakan oleh orang-orang itu." (HR. Bukhari)

Begitulah cara Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam ketika menghadapi pujian. Hendaklah kita mencontoh beliau agar kita selalu terhindar dari segala perbuatan sombong.
Inilah Cara Baik Menghadapi Pujian agar tidak Menjadi Sombong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top