Sabtu, 13 Februari 2016

Inilah Alasan banyak Batu Kerikil di Rel Kereta Api

Kereta api adalah kendaraan yang istimewa. Kenapa istimewa? Karena ia punya jalur lintasannya sendiri. Yang naik kereta api tak perlu khawatir macet, antre, atau menunggu karena perbaikan jalan. Lewat di persimpangan jalan raya pun kereta api didahulukan.

Ngomong-ngomong soal rel atau jalan kereta api, pernah tidak terpikir oleh kamu kenapa setiap rel pasti ada batu kerikilnya? Kenapa tidak dibuat berbeda antara satu rel dengan rel lainnya, misalnya ada yang di paving, aspal, atau di keramik saja? Penasaran?
Rel kereta api / Gambar via michaelmcguertyphotography.com
Inilah alasan kenapa banyak batu kerikil di rel kereta api :
  1. Menyerap Getaran

    Ketika kereta api lewat, pastilah ada getaran yang muncul. Getaran itu akan diredam oleh kerikil di rel tersebut. Sehingga getaran yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Selain itu, kerikil juga dapat membuat rel lebih awet.
  2. Menghambat Tumbuhnya Rumput Liar

    Rumput biasa tumbuh subur diatas tanah, dan tanah biasanya berair. Jika diatas tanah tertutup oleh kerikil yang banyak, otomatis tidak ada ruang gerak bagi rumput untuk tumbuh. Jadi, tidak akan ada rumput yang mengganggu kereta api karena tidak ada rumput yang tumbuh di rel kereta api.
  3. Bantalan Pemberat

    Digunakan batu kerikil sebagai bantalan pemberat dimaksudkan untuk menjaga rel agar tidak bergerak, agar tidak menceng atau hal lainnya. Ini juga membuat kereta api yang berjalan di atas rel lebih stabil dan kuat.
  4. Memperlancar Aliran Air saat Hujan

    Jangan khawatir rel akan tergenang air karena kerikil ini dimaksudkan agar terhindar dari genangan air. Hal ini juga dapat mencegah erosi di sekitar rel kereta api. Bayangkan saja jika memakai keramik, hujan sedikit pasti sudah ada air yang menggenang.
Itulah maksud dan tujuan dari pemberian kerikil di rel kereta api. Jadi, bukan tanpa sebab, melainkan ini semua untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api juga.
Inilah Alasan banyak Batu Kerikil di Rel Kereta Api Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top