Minggu, 07 Februari 2016

Awas! Jangan Berlebihan ketika Membenci dan Mencintai Seseorang!

Manusia telah diberi Allah Ta'ala perasaan. Dengan begitu, manusia dapat merasakan iba, senang, sedih, kasihan, dan perasaan lainnya. Tapi, perasaan itu terkadang tak selalu baik.

Ada kalanya manusia membenci orang lain, ada kalanya juga mencintai orang lain. Rasa tersebut memang tak salah, tapi sebaiknya dilakukan secara seimbang.
Cinta dan benci harus seimbang / Gambar via 400mtogo.com
Ketika orang lain sedang mencintai, maka segalanya rela ia berikan. Waktu, harta, dan sebagainya dengan senang hati kita berikan. Tak ada penyesalan rasanya ketika kita sedang mencintai orang lain.

Tapi, ketika kita membenci seseorang, maka kita akan merasa segala yang kita telah lakukan pada orang tersebut adalah sia-sia. Dengan begitu, bisa saja orang yang membenci orang lain melakukan hal yang tidak baik, membunuh, mencemarkan nama baik, dan perbuatan buruk lainnya.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, "Cintailah orang yang kamu cintai sekadarnya. Bisa jadi orang yang sekarang kamu cintai suatu hari nanti harus kamu benci. Dan bencilah orang yang kamu benci sekadarnya, bisa jadi di suatu hari nanti dia menjadi orang yang harus kamu cintai." (HR. At-Tirmidzi No. 1997 dan dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami' No. 178)

Oleh karena itu, cintailah orang sekadarnya, jangan berlebihan. Dan bencilah orang sekadarnya, jangan terlalu membenci. Karena suatu hari nanti, bisa saja orang yang kamu cintai akan kamu benci dan orang yang kamu benci menjadi orang yang sangat kamu cintai.
Awas! Jangan Berlebihan ketika Membenci dan Mencintai Seseorang! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top