Senin, 15 Februari 2016

Awas! Inilah Bahayanya Makan Berlebihan

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Apalagi hal buruk yang berlebihan, itu juga tidak baik. Hal biasa yang kita lakukan juga bisa menjadi tidak baik apabila dilakukan secara berlebihan.

Misalnya makan berlebihan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, dan beliau juga menganjurkan hal yang sama pada umatnya.
Makan kebanyakan / Gambar via jjlsolutions.com
Di dalam Islam, tidak dianjurkan untuk makan secara berlebihan, selapar apapun dirimu sebaiknya makan sesuai porsi saja. Bahkan, umat Islam diwajibkan berpuasa satu bulan penuh pada bulan Ramadhan untuk mengistirahatkan organ pencernaan.

Tentu saja hal itu akan menjadikan umat Islam lebih sehat. Selain itu, di dalam ilmu medis juga dianjurkan untuk makan tidak berlebihan. Karena, makan berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah obesitas.

Ketika makan kekenyangan, pasti perut akan terasa sangat penuh. Oleh sebab itu, tak jarang orang yang kekenyangan malah mutah. Dan makanan yang telah dimakan kemudian dimuntahkan karena kekenyangan hukumnya haram.

Selain itu, makan terlalu banyak juga menyebabkan diproduksinya radikal bebas dalam jumlah yang banyak pula. Karena oksigen yang kita hirup akan diubah oleh sel tubuh menjadi senyawa sangat reaktif, atau dikenal dengan reacitve oxygen species (ROS).

Ketika makan berlebihan,ROS yang terbentuk juga akan banyak. Dan penyakit yang disebabkan karena hal ini sangat berat, yaitu kanker, aterosklerosis, aging, penyakit neurodegeneratif, katarak, dan penyakit lainnya.

Oleh karena itu, jagalah makanmu jangan terlalu banyak. Memang di dalam Islam kita harus menghabiskan makanan yang ada di piring kita jangan sampai ada sisa. Dan sebaiknya, makanan yang ada di piring kita disesuaikan dengan porsi kita. Jika sedang makan di luar dan porsi terlalu banyak, mintalah porsinya dikurangi.
Awas! Inilah Bahayanya Makan Berlebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top