Selasa, 16 Februari 2016

Atasi Lelah dengan Makanan ini!

Tubuh manusia setiap harinya melakukan berbagai aktivitas. Aktivitas itu seringkali membuat kita lelah. Lelah timbul karena tubuh dipaksa untuk mengerjakan segala hal tanpa istirahat.

Obat untuk rasa lelah adalah istirahat dan tidur. Tapi, kamu juga tidak boleh menyepelekan masalah makanan, karena dengan makan beberapa makanan ini, rasa lelah di tubuhmu bisa teratasi.

Inilah makanan yang dapat mengatasi rasa lelah :
  1. Buah Citrus

    Buah citrus / Gambar via recipe.com
    Golongan yang termasuk dalam buah citrus adalah golongan jeruk. Segala jenis jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C membantu mengedarkan oksigen ke otak, sehingga orang yang mengkonsumsi jeruk dapat segar kembali dan lebih berenergi.
  2. Buah Berry

    Buah berry / Gambar via mybrainsolutions.com
    Buah berry sangat baik untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Meskipun mengandung sedikit gula, buah berry mampu untuk menambah energi yang terkuras. Selain itu juga terdapat serat dan antioksidan yang baik untuk melawan kelelahan.
  3. Brokoli

    Brokoli / Gambar via crackon.org
    Brokoli memang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Kromium merupakan mineral penting yang mengatur bagaimana tubuh mempertahankan kadargula darah serta membantuu mencegah menurunnya kadar gula darah yang mengakibatkan seseorang mudah lelah. Dan kromium ini ada pada kandungan brokoli.
  4. Kurma

    Buah kurma / Gambar via iran-daily.com
    Kurma mengandung banyak gula sehingga dapat mengganti energi yang terbuang. Serta kurma juga mengandung banyak serat yang dapat membuat energi dalam tubuh tetap terjaga dalam waktu yang lama.
  5. Kacang Almond

    Kacang almond / Gambar via en.wikipedia.org
    Kacang almond dapat membantu mengatasi kelelahan, karena kombinasi antara protein nabati dan lemak sehat di dalamnya membantu menstabilkan gula darah. Gula darah merupakan salah satu penyebab turunnya energi. Oleh karena itu, agar energi terjaga sepanjang hari, perlu kiranya mengkonsumsi kacang almond.
  6. Alpukat

    Alpukat / Gambar via authoritynutrition.com
    Buah alpukat mengandung vitamin B Kompleks yang penting untuk meningkatkan energi. Ada baiknya mengkonsumsi alpukat di pagi hari sebelum melaksanakan aktivitas, agar energi bisa terjaga sampai siang hari. Kamu bisa mengkonsumsi alpukat dengan dibuat jus, salad, atau makanan lain.
  7. Ikan Salmon dan Ikan Tuna

    Ikan salmon / Gambar via scandicenter.org
    Kelelahan mengakibatkan kurang konsentrasi juga masalah kognitif lainnya. Hal itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan salmon ataupun ikan tuna, karena asam lemak Omega-3 di dalamnya mendukung kesehatan sel otak dan syaraf.
  8. Semangka

    Semangka / Gambar via harvesttotable.com
    Selain enak dan segar, semangka juga mengandung vitamin B dan kalium. Kombinasi ini menyebabkan energi yang masuk ke dalam tubuh tersimpan dalam waktu yang lama.
Itulah makanan yang bagus dikonsumsi untuk mengatasi kelelahan. Daripada minum-minuman berenergi atau minum obat berenergi, lebih baik mengkonsumsi makanan ini agar lebih sehat dan baik bagi tubuh.
Atasi Lelah dengan Makanan ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top