Rabu, 06 Januari 2016

Tidak ingin Mengeluh? Gunakan Motivasi ini dalam Hidup!

Keluhan, resahan, terkadang kita lontarkan dari mulut kita tanpa sadar. Sesuatu yang kita hadapi tapi sebenarnya tidak ingin kita hadapi menjadi salah satu pemicu timbulnya keluhan.

Keadaan lingkungan sekitar, seperti misalnya teman kita adalah seorang pengeluh, maka tanpa sadar bisa saja menular kepada kita efeknya. Kita yang tadinya tidak menjadi pengeluh malah ikut-ikutan menjadi pengeluh.
Ilustrasi orang sedang mengeluh / nhs.uk
Mengeluh kini malah jadi trend, keluhan disampaikan jelas-jelas secara lisan. Bahkan, menuangkan keluhan di media sosial sehingga orang lain tahu. Keluhan pun memicu timbulnya amarah, yang kadangkala keluhan disertai dengan umpatan kasar.

Hal ini sangatlah tidak baik dilakukan. Citra seseorang akan turun ketika dirinya mengeluh dan berkata kasar. Maka dari itu, ada motivasi yang bisa kamu gunakan agar kamu tidak menjadi seorang pengeluh.

Motivasi pertama adalah bersyukur. Ketika dilanda kesusahan, kamu seringkali lupa bersyukur. Nikmat Allah Ta'ala itu banyak sekali, kamu hanya terfokus pada kesusahanmu saja sehingga lupa bersyukur.

Padahal, dengan bersyukur kesusahan akan hilang. Hal-hal kecil yang ada di sekitarmu tanpa kamu sadari bisa membuatmu bersyukur bisa menikmati dan memilikinya.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya." (QS. An-Nahl : 18)

Motivasi kedua adalah dengan mengambil tanggung jawab. Cobalah ambil tanggung jawab yang tidak kita inginkan. Dengan begitu, ketika kita mengalami masa sulit, kita bisa mengingat bahwa tanggung jawab yang kita ambil itu lebih sulit dan kita bisa mengatasinya, jadi untuk apa mengeluh?

Coba pikirkanlah, apa yang bisa kamu lakukan pada kondisi tersebut. Jika setelah berpikir masih menemui jalan buntu, berdo'a lah kepada Allah Ta'ala. Kemudian tenangkan dirimu, terkadang bingung disebabkan karena ketidak tenangan dalam diri. Dan langkah terakhir adalah belajar. Dengan belajar, kita bisa tahu mana yang sebaiknya kita lakukan, salah satu caranya juga belajar mengatasi masalah.

Tapi, jika kamu masih ingin mengeluh, mengeluhlah kepada Allah Ta'ala. Mengeluh pada Allah Ta'ala dengan maksud berdo'a, agar kesusahan yang menimpamu bisa segera diringankan oleh Allah Ta'ala. Bukan mengeluh dengan berkata kasar pada Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala akan meringankan segala kesusahanmu jika kamu yakin, karena Allah Ta'ala Muttafaqun 'alaih ("Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.")

Jadi, ketika timbul kegelisahan, kesusahan, dan keresahan, ingatlah Allah Ta'ala. Berdo'alah kepada-Nya agar kamu diberi kelancaran selalu.
Tidak ingin Mengeluh? Gunakan Motivasi ini dalam Hidup! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top