Senin, 11 Januari 2016

Pentingnya Menghindarkan Anak-anak Dari Gadget dan Game

Anak-anak yang lahir di tahun 90-an pasti bahagia dan merindukan masa kecilnya. Masa kecilnya yang dipenuhi dengan bermain bersama teman-teman. Setiap harinya bermain kelereng di taman, memancing, masak-masakan, dan permainan lainnya.

Tapi kini, nampaknya pemandangan itu sudah jarang terlihat. Anak-anak sudah disibukkan dengan permainan dari gadgetnya daripada bermain dengan teman. Padahal, membiasakan anak bermain dengan gadget akan menimbulkan bebagai masalah pada anak. Masalah kesehatan dan tentunya masalah sosial.

Inilah pentingnya menghindarikan anak-anak dari :
  1. Merusak Penglihatan

    Penggunaan gadget berlebih dapat merusak mata / stahlny.com
    Cahaya dari gadget dapat merusak mata bila penggunaannya terlalu dekat dan terlalu sering. Anak-anak seringkali memandangi layar gadget terlalu dekat, dan mereka juga seringkali bermain game hingga lupa waktu. Karena hal itu, tak jarang anak usia SD sudah memakai kacamata karena minus.
  2. Mengurangi Kemampuan Interaksi Sosial

    Berkurangnya kemampuan interaksi sosial / chestnuthilllocal.com
    Anak-anak yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk gadget, akan kehilangan kamampuan berkomunikasinya. Mereka akan kesulitan dan merasa tak nyaman bila berinteraksi dengan orang. Membuat anak cenderung bersifat individu.
  3. Obesitas

    Obesitas / thesun.co.uk
    Karena bermain gadget hanya duduk dan melihat layar tanpa gerak badan, sangat memungkinkan seorang anak terkena obesitas. Bahayanya obesitas dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan stroke.
  4. Penurunan Perkembangan Otak

    Penurunan perkembangan otak / themommist.com
    Di masa anak-anak, terutama lima tahun pertama kehidupannya, otak anak tumbuh secara pesat. Sebaiknya jangan dulu dikenalkan dengan gadget, karena ia akan terbiasa dengan gadget dan kurang peduli dengan lingkungan sekitar nantinya.
  5. Tempramental

    Temperamental / greatschools.org
    Anak-anak yang gemar bermain game akan cenderung bersifat tempramental. Dan bahayanya, sifat ini akan dibawa sampai mereka besar. Bahkan, mereka berani menentang orang termasuk orang tuanya.
  6. Kurang Berminat Bermain di Alam

    Kurang bermain di alam / theguardian.com
    Gadget akan membuat anak tidak tertarik untuk bermain di alam terbuka. Mereka tidak akan tertarik untuk bermain lempar tangkap bola, ayunan, atau permainan lain, karena mereka sudah tahu bahwa game lebih menarik. Padahal, dengan bermain di alam dapat merangsang perkembangan syaraf motorik anak.
  7. Radiasi

    Bahaya radiasi gadget pada anak / healthychild.org
    Otak anak masih sangat tipis dan rentan. Penggunaan ponsel atau gadget dapat merusak sel otak pada balita. Meski hanya meletakkan gadget di dekat kepala balita, hal itu pun dapat menyebabkan sel otaknya rusak.
Itulah bahaya yang ditimbulkan oleh anak yang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget. Sebaiknya, biasakan anak untuk bermain di luar rumah. Ajak mereka ke taman bermain dan bermainlah bersama mereka. Biarkan anak bersosialisasi dengan teman sebayanya. Jika ingin mengenalkan gadget, sebaiknya batasi penggunaan atau boleh diberi jadwal kapan bisa bermain gadget.
Pentingnya Menghindarkan Anak-anak Dari Gadget dan Game Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top