Kamis, 14 Januari 2016

Mulai Februari 2016, Penggunaan Kantong Plastik Dikenai Biaya

Masalah sampah masih menjadi masalah yang serius di dunia ini. Indonesia pun mengalami masalah tersebut. Sampah yang paling besar dihasilkan berupa sampah plastik. Bahkan, Indonesia menduduki peringkat kedua penghasil sampah plastik terbanyak setelah Tiongkok.

Plastik pun tak hanya mencemari tanah karena sulit diurai, tapi juga mencemari laut. Sekitar 57 persen sampah yang ada di laut merupakan sampah plastik, dan di Samudera Pasifik sampah yang tenggelam dan mengapung mencapai 100 meter.
Sebaiknya gunakan tas, jangan plastik / asiajute.com
Untuk mengurangi bahaya polusi sampah plastik, di kota-kota besar di Indonesia akan diterapkan kantong plastik berbayar. Jadi, ketika kamu berbelanja di mall, kamu akan dikenakan biaya untuk kantong plastik.

Tepatnya pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2016 nanti, pemerintah mulai menerapkan kebijakan tersebut. Kota yang menerapkan kebijakan tersebut antara lain DKI Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, dan Jayapura.

Di negara lain, kebijakan seperti ini sudah diterapkan, seperti di Amsterdam, Inggris, dan Hong Kong, dimana pelanggan harus membayar sekitar 50 sen atas plastik yang mereka gunakan ketika berbelanja di mall.

Meskipun masih akan diterapkan pada bulan Februari nanti, tapi di Bandung dan Cimahi sudah menerapkan kebijakan tersebu, yaitu melalui Perda Kota Bandung 17/2012 tentang 'Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik yang tidak Ramah Lingkungan'.

Untuk itu, kamu yang biasa belanja di mall sebaiknya membawa tas belanjaan sendiri. Atau jika terpaksa menggunakan kantong plastik, jangan langsung dibuang, melainkan simpan dulu dan gunakan lagi.

Dengan aksi seperti ini, kamu bisa mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik. Dampaknya tak hanya dirasakan oleh lingkungan sekitarmu, tapi bumi juga akan merasakan dampak positifnya.
Mulai Februari 2016, Penggunaan Kantong Plastik Dikenai Biaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top