Rabu, 20 Januari 2016

MasyaAllah! Inilah Rahasia Sholat Tahajud yang Buat Takjub

Sholat tahajud merupakan sholat yang wajib dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam sebagai ibadah tambahan bagi beliau, dan sunnah bagi umatnya. Sholat tahajud dikerjakan di malam hari, dengan syarat sudah tidur terlebih dahulu.

Waktu paling utama untuk mendirikan sholat tahajud adalah sepertiga malam yang terakhir. Memang di waktu ini adalah waktu yang paling enak untuk tidur, inilah godaannya. Hanya mereka yang memiliki iman kuat yang sanggup untuk melawan rasa malas itu dan mendirikan sholat tahajud.
Sholat / johnlingauthor.com
Sholat tahajud sendiri merupakan satu-satunya sholat sunnah yang disebutkan di dalam Al Qur'an. Sholat tahajud dilakukan paling sedikit dua rakaat. Dan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam biasa mengerjakan sholat tahajud sebanyak delapan rakaat, dengan salam di setiap dua rakaat. Baca : Kenapa sholat lima waktu dilakukan di waktu-waktu tertentu? Ini alasannya

Allah Ta'ala berfirman dalam Al Qur'an surat Al Isra' ayat 79. "Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Keistimewaan sholat tahajud salah satunya yaitu Allah Ta'ala menjanjikan maqaman mahmuda baginya. Maqaman mahmuda bagi Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam adalah kedudukan yang mulia di akhirat untuk memberikan syafaat. Sedangkan jika bagi umatnya, yaitu kedudukan mulia di sisi Allah Ta'ala.

Selain kemuliaan di akhirat, orang yang melaksanakan tahajud akan diberikan kemuliaan dan kewibawan di dunia. Sholat tahajud dapat membuat wajah seorang mukmin bercahaya, karena Allah Ta'ala telah memberikan cahaya-Nya bagi hamba-Nya tersebut.

"Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: "Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari)

Di dalam sholat, terdapat bacaan permohonan ampunan, kebaikan, dan pengabulan doa. Lebih baik lagi jika ditambah dengan doa-doa kepada Allah Ta'ala, niscaya Allah Ta'ala akan mengabulkannya. Baca : Hati-hati! Kamu akan celaka jika sholatmu seperti ini

Di dalam dunia kesehatan, mereka yang melaksanakan sholat tahajud kesehatannya lebih baik daripada mereka yang tidak melaksanakannya. Baca : Ini alasan medis agar kita harus bisa menjaga amarah

Oleh karena itu, biasakanlah mulai sekarang untuk mendirikan sholat tahajud. Tak hanya kebaikan di dunia, tapi juga di akhirat, dan kesehatan lebih terjaga. Tak perlu langsung banyak rakaat, yang penting adalah rutin. Sedikit-sedikit asal rutin itu lebih baik daripada banyak tapi jarang.
MasyaAllah! Inilah Rahasia Sholat Tahajud yang Buat Takjub Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top