Kamis, 14 Januari 2016

Makanan yang Baik Bagi Kandungan dan Air Ketuban Ibu Hamil

Salah satu fase dalam kehidupan wanita adalah kehamilan. Setelah menikah, seorang wanita pasti mendambakan dirinya hamil. Sang suami tentu saja senang jika istrinya hamil. Itu berarti pernikahan mereka menghasilkan keturunan.

Ketika seorang wanita hamil, pastilah terdapat fase-fase pertumbuhan dan perkembangannya. Fase-fase itu dibagi menjadi tiga trimester, trimester pertama yaitu sampai minggu ke 12, trimester kedua mulai minggu ke-13 sampai minggu ke-27, dan trimester ketiga mulai dari minggu 28 hingga melahirkan.

Dalam fase-fase tersebut, tentu saja ibu hamil memerlukan asupan gizi yang berbeda. Misalnya, di trimester pertama ibu hamil memerlukan asupan asam folat yang banyak agar janin kuat. Karena pada masa ini sangat rentan terhadap keguguran.

Mitos-mitos seputar kehamilan juga pasti pernah didengar oleh ibu hamil. Tidak boleh begini karena nanti anaknya jadi begini, harus makan itu agar anaknya jadi seperti itu, dan sebagainya. Salah satu mitos yang kerap kali didengar adalah ibu hamil harus menjaga kebersihan air ketuban agar anak yang dilahirkan kulitnya putih.

Padahal, warna kulit disebabkan oleh gen orang tuanya. Anak akan mengikuti gen orang tuanya. Tapi, untuk masalah menjaga kebersihan air ketuban ada benarnya. Karena air ketuban yang bersih akan menjadikan rahim sehat. Dan ada makanan tertentu yang dapat menjadikan air ketuban terjaga bersih.

Inilah makanan yang baik bagi kandungan dan air ketuban ibu hamil :
  1. Kacang Hijau

    Kacang hijau / duniafitnes.com
    Di dalam kacang hijau terkandung asam folat, protein, vitamin B1 dan B2, kalsium, juga fosfor. Itu semua dibutuhkan oleh ibu hamil, dan salah satu kegunaannya adalah agar kejernihan air ketuban tetap terjaga. Rajin-rajinlah mengkonsumsi kacang hijau, bisa dibuat bubur atau makanan olahan lainnya.
  2. Air Kelapa Muda

    Air kelapa muda / a1.ro
    Selain air kelapa segar ketika diminum, air kelapa muda juga baik untuk ibu hamil. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menjaga kebersihan air ketuban, sehingga janin di dalam air ketuban juga akan terjaga kesehatannya.
  3. Air Putih

    Air putih / liquid-eden.com
    Air putih memang baik dikonsumsi, dan juga bagi ibu hamil tentunya karena dapat membuat kondisi air ketuban menjadi jernih. Tapi terkadang, ibu hamil mual ketika meminum air putih. Oleh karena itu, bisa disiasati dengan minum air putih hangat dengan sedikit perasan lemon.
Itulah makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil. Untuk anda yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan tersebut.
Makanan yang Baik Bagi Kandungan dan Air Ketuban Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top