Senin, 04 Januari 2016

Inilah Tips Menggunakan Google dengan Akurat

Kita pasti sudah akrab sekali dengan mesin pencari, yaitu Google. Karena, hampir semua informasi yang kita perlukan ada di Google. Tinggal ketik dan enter, muncullah semua yang kita cari.

Tapi ternyata, mencari menggunakan Google ada tipsnya loh! Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih akurat, kamu perlu menggunakan tips ini.

Inilah tips menggunakan Google dengan akurat :
  1. Dua Titik (..)

    Dokumentasi pribadi
    Tanda dua titik biasanya digunakan untuk mencari jarak antara suatu info. Misalnya, kamu mencari 'Jadwal Film Bioskop 23 Desember 2014..26 Desember 2014'. Berarti kamu mencari informasi jadwal film bioskop antara tanggal 23 sampai 26 Desember saja dan yang ditampilkan pun begitu.
  2. Related

    Dokumentasi pribadi
    Ketika kata 'related' diketikkan di kolom pencarian, Google akan menampilkan alamat URL yang terkait dengan apa yang kamu masukkan. Misalnya, 'related: twitter.com', nantinya akan ditampilkan alamat yang terkait dengan laman Twitter.
  3. Site

    Dokumentasi pribadi
    Site artinya perintah untuk menampilkan berita dari halaman website tertentu saja. Misalnya kamu mencari, 'Disney Princess site pinterest', maka nanti akan muncul laman Disney Princess hanya dari pinterest.
  4. Tanda Petik Dua (")

    Dokumentasi pribadi
    Ketika kamu ingin mencari kalimat yang sama persis, gunakanlah tanda petik dua agar dimunculkan kata yang sama persis. Misalnya, "Kulihat Ibu Pertiwi, sedang Bersusah Hati", maka website yang muncul adalah website yang hanya memiliki rangkaian kata yang sudah kamu tulis, tidak terpisah-pisah.
  5. Link

    Dokumentasi pribadi
    Link membuatmu mengarah kepada situs yang melink situs lainnya. Misalnya kamu tulis, 'link: otomotifnet.com'. Dengan begitu, Google akan menampilkan website lain yang melink ke otomotifnet.com.
  6. Tanda Bintang (*)

    Dokumentasi pribadi
    Tanda bintang biasanya dipadukan dengan petik dua. Misalnya kamu mencari rangkaian kata tapi lupa di beberapa kata, kamu bisa menyisipkan tanda bintang. Misalnya, "Kulihat Ibu *, sedang Bersusah Hati". Maka nanti akan muncul website dengan rangkaian kata seperti itu dan Google akan mengisi tanda bintang itu dengan suatu kata.
  7. Info

    Dokumentasi pribadi
    Info digunakan untuk mencari informasi yang lengkap mengenai suatu situs. Misalnya, 'info:youtube.com', maka akan tampil halaman yang memuat info tersebut.
  8. OR

    Dokumentasi pribadi
    OR digunakan ketika kamu ingin mencari kata kunci yang hampir sama secara bersamaan. Misalnya kamu akan mencari, 'Pantai Kuta Bali OR Lombok'.
  9. Cache

    Dokumentasi pribadi
    Cache digunakan ketika kamu ingin melihat URL yang telah disimpan dalam database Google. Misalnya, 'Cache:biography.com/people/josh-hutcherson-20939863'.
  10. Tanda Minus (-)

    Dokumentasi pribadi
    Jika kamu ingin mencari suatu informasi tapi tidak ingin bertemu dengan informasi yang salah, kamu bisa menggunakan tanda minus. Misalnya, 'Kucing peliharaan -anggora', nanti akan ditampilkan situs yang membahas tentang kucing peliharaan, tetapi selain kucing anggora.
Itulah cara mudah untuk menggunakan Google secara akurat. Jadi, kamu bisa surfing di Google dengan nyaman dan tentunya informasi yang kamu cari akan lebih cepat didapatkan.
Inilah Tips Menggunakan Google dengan Akurat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top