Rabu, 13 Januari 2016

Inilah Manfaat tak Terduga dari Daun Pandan

Daun pandan merupakan salah satu tumbuhan berdaun duri yang memiliki aroma wangi yang khas. Biasanya digunakan untuk memberi aroma pada masakan. Ada juga yang mencampurkan daun pandan ketika memasak nasi agar nasi menjadi harum.

Memang tujuan utama dari daun pandan meskipun dicampur dalam makanan adalah tidak untuk konsumsi, tapi hanya sebagai pengharum masakan. Manfaat daun pandan pun tak hanya untuk masakan, tapi juga untuk tubuh.
Daun pandan / heibogor.com
Daun pandan dapat digunakan sebagai obat rematik. Caranya yaitu dengan menyiapkan tiga lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih. Kemudian,iris kecil dan tambahkan minyak kelapa 10 ml. Tambahkan pula tiga lembar daun sirih, kemudian rebus, aduk, dan dinginkan.

Air rebusan ini dapat dijadikan obat gosok untuk memijat bagian tubuh yang nyeri. Dan nyeri juga pegal linu akan hilang kemudian.

Tak hanya itu, daun pandan juga dapat digunakan sebagai obat hipertensi, menambah nafsu makan, dan menenangkan hati. Caranya dengan menyiapkan tiga lembar daun pandan yang sudah bersih dan diiris kecil, merica 10 butir. Lalu rebus dengan 1000 ml air hingga menjadi 500 ml. Minum obat ini dua kali dalam sehari.

Pandan dapat dijadikan obat dan baik untuk tubuh karena di dalam daun pandan, mengandung serat yang baik. Selain itu, ada kalium, folat, niasin, B6, mangan, vitamin C, protein, magnesium, fiboflavin, vitamin, juga zat besi.

Untuk kamu yang sedang mengalami keluhan rematik, atau hipertensi, kurang nafsu makan, dan suasana hati yang tak tenang, cobalah mengatasinya dengan ramuan pandan ini.
Inilah Manfaat tak Terduga dari Daun Pandan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top