Rabu, 13 Januari 2016

Inilah Jawaban Dr. Zakir Naik mengapa Orang Islam Mengelilingi Ka'bah

Dr. Zakir Naik adalah seorang pembicara umat muslim dari India. Ia juga merupakan seorang penulis hal-hal tentang Islam. Bahkan, ceramahnya kerap kali didatangi tidak hanya umat muslim, melainkan umat non muslim pun datang ke ceramah Dr. Zakir Naik.

Dam suatu ceramah, seorang lelaki bertanya pada Dr. Zakir Naik mengapa orang Islam mengelilingi Ka'bah saat haji dan umrah? Apa alasan logis dan ilmiahnya?
Dr. Zakir Naik / islamicalo.com

Kemudian Dr. Zakir Naik menjawab :

Ka'bah sering diartikan oleh umat non muslim sebagai sesuatu yang disembah oleh orang muslim. Padahal itu tidak benar. Umat muslim menjadikan Ka'bah sebagai kiblat, arah penentu sholat. Yang disembah tetaplah Allah Ta'ala, tapi menghadap ketika sholat adalah ke arah Ka'bah.

Pasalnya, di dunia ini kiblat di setiap tempat itu tidak sama. Menurut peta dunia pertama kali yang diciptakan oleh seorang muslim bernama Al Idrisi pada tahun 1154, menentukan bahwa kutub utara ada di bawah dan kutub selatan ada di atas, sedangkan Ka'bah berada di tengah-tengah.

Kemudian, orang barat mengubah peta tersebut dengan kutub utara berada di atas dan kutub selatan berada di bawah, dan Ka'bah tetap berada di tengah-tengah.

Jadi, ketika kamu berada di timur kiblatnya adalah di barat dan sebaliknya, juga ketika kamu berada di selatan maka kiblatnya berada di utara dan sebaliknya.

Lalu, alasan logis mengapa orang Islam mengelilingi Ka'bah adalah karena untuk membuktikan bahwa hanya ada satu Tuhan. Lingkaran hanya memiliki satu titik tengah, bukan dua atau lebih. Jika kita berjalan mengelilingi Ka'bah, adalah untuk membuktikan bahwa hanya ada satu Tuhan.

Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu berkata, "Hajar aswad ini hanyalah batu yang tidak bisa memberikan kebaikan dan keburukan. Aku menciumnya karena melihat Nabi menciumnya."

Di zaman Nabi, ada seorang sahabat yang melantunkan adzan di atas Ka'bah. Hal ini dikarenakan memang Ka'bah bukan untuk disembah, melainkan hanya penentu arah. Mana mungkin seseorang berani berdiri di atas sesuatu yang ia sembah.

Jadi, tujuan orang Islam mengelilingi Ka'bah adalah untuk membuktikan bahwa Tuhan itu satu. Dan Ka'bah adalah arah penentu kiblat, bukan sesuatu untuk disembah.
Inilah Jawaban Dr. Zakir Naik mengapa Orang Islam Mengelilingi Ka'bah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top