Senin, 11 Januari 2016

Inilah Hal yang akan Membuat Kamu ingin selalu Bersedekah

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim. Sedekah itu tidak memberatkan, bahkan ketika sudah sering bersedekah maka mengeluarkan berapapun tidak menjadi masalah.

Tapi, bagi sebagian orang sedekah masih merupakan hal yang berat Mereka masih ragu untuk mengeluarkan hartanya di jalan Allah Ta'ala. Bahkan, ada yang takut miskin jika bersedekah. Padahal Allah Ta'ala akan memberikan banyak kebaikan ketika kamu menyedekahkan sebagian hartamu.
Sedekah / muslim.or.id
Inilah hal yang akan membuat kamu ingin selalu bersedekah :
  1. Amalan Paling Disukai Allah Ta'ala

    Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pernah mengutarakan amalan apa saja yang disukai oleh Allah Ta'ala. Dan beliau menyebutkan bahwa sedekah adalah amalan yang paling Allah Ta'ala suka dari banyaknya amalan.
  2. Harta dan Rezekinya Bertambah Berkah

    Salah satu fungsi dari sedekah adalah membersihkan harta kita. Di dalam harta yang kita dapatkan, terdapat hak-hak orang lain yang membutuhkan. Sepenuhnya bukan harta kita. Sebaiknya diinfaqkan di jalan Allah Ta'ala. Jangan takut, karena Allah Ta'ala sudah menjanjikan bahwa harta yang kamu infaqkan di jalan Allah Ta'ala akan berlipat ganda.

    Allah Ta'ala berfirman dalam QS. al-Baqarah: 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah Ta'ala adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah Ta'ala melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Ta'ala Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
  3. Penghalang Musibah dan Bencana

    Sedekah bukan hanya untuk membuat kaya si pemberi sedekah, atau bukan hanya sebagai pembersih harta, tapi juga penghalang musibah dan bencana. Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sedekah menutup tujuh puluh pintu keburukan. Obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan sedekah." (HR. Imam ath-Thabrani)
  4. Pahala Berlipat Ganda

    Kebaikan sedekah tak hanya berhenti sampai di sini, kebaikan lainnya yaitu pahala akan berlipat ganda. Allah Ta'ala berjanji, selain akan membawa berlipat gandanya rezeki kita ketika bersedekah, tapi juga dapat melipat gandakan pahala kita.

    Allah Ta'ala berfirman dalam surat al-Hadid ayat 18, "Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah Ta'ala dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah Ta'ala pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka. Dan bagi mereka pahala yang banyak."
  5. Didoakan Malaikat

    Malaikat adalah makhluk Allah Ta'ala yang senantiasa patuh dan tunduk pada perintah Allah Ta'ala. Para malaikat tidak pernah ingkar kepada Allah Ta'ala. Setiap pagi, dua malaikat turun ke bumi atas perintah Allah Ta'ala. Dan para malaikat berdoa supaya mereka yang berinfaq di pagi hari dimohonkan ganti dari Allah Ta'ala, dan mereka yang tidak berinfaq didoakan agar hancur.
  6. Penghapus Kesalahan dan Penggugur Dosa

    Selain ibadah sholat dan ibadah lainnya, sedekah juga dapat menghapus dosa. Ingat, dosa kita sangat banyak dan belum tentu ibadah kita dapat menghapus semua dosa karena kita salah dalam melakukannya.

    Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Bersedekahlah walau hanya dengan satu biji kurma, karena ia bisa menahan lapar orang yang lapar dan memadamkan kesalahan sebagaimana air yang memadamkan api." (Dishahihkan oleh Imam Nashiruddin al-Albani dalam Shahih al-Jami')
Untuk itu, janganlah kita pelit mengeluarkan harta kita di jalan Allah Ta'ala. Yakinlah bahwa Allah Ta'ala akan memberikan ganti yang berlipat kepada kita. Niatkan hati, niatkan bersedekah karena Allah Ta'ala. Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang menafkahkan harta di jalan Allah Ta'ala.
Inilah Hal yang akan Membuat Kamu ingin selalu Bersedekah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top