Jumat, 15 Januari 2016

Inilah Bahaya Mematikan Racun Sianida

Pada 6 Januari 2016 lalu, terjadi kasus seorang wanita bernama Wayan Mirna Salimin, yang meninggal dunia akibat meminum kopi Vietnam di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Kematian Wayan diduga akibat kopi yang ia minum mengandung racun sianida.

Racun itu membuat Wayan langsung lemas, kemudian jatuh ke lantai tak berdaya. Tak hanya itu, Wayan juga mengalami kejang-kejang dan mulutnya mengeluarkan busa.
racun / hyperbaricoxygentherapy.com

Jadi, sebenarnya apa itu racun sianida?

Sianida bukanlah racun yang baru, bahkan sianida sudah digunakan sejak tahun 1980 ketika perang Iran dan Irak untuk melawan penduduk kota Kurdi Halabja di Irak Utara. Dalam Perang Dunia II juga digunakan racun sianida sebagai agen genosida Jerman.

Racun sianida dapat berbentuk padat, cair, juga gas. Sianida terdapat di berbagai bahan kimia, salah satunya di asap rokok dan pembakaran plastik. Di dalam tanaman seperti singkong, almond, apricot, dan apel pun terdapat sianida. Tapi bukan berarti tumbuhan ini berbahaya, karena kadar yang terkandung di tumbuhan ini sedikit jadi tidak membahayakan.

Selain itu, sianida juga digunakan sebagai bahan pembuatan kertas, tekstil, plastik, dan dalam bentuk gas digunakan untuk membasmi hama.

Ketika keracunan sianida dalam jumlah kecil, biasanya akan mengalami sakit kepala, pusing, mual, muntah, lemah, denyut jantung meningkat, dan rasa gelisah. Ketika terkena racun dalam jumlah yang besar, efeknya lebih bahaya lagi yaitu dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran, kejang, cedera paru, tekanan darah rendah, lambat denyut jantung dan gagal pernafasan.

Dalam praktek pembunuhan, racun sianida paling banyak digunakan. Karena efeknya sangat cepat dan mudah dalam membunuh korbannya. Hal ini dikarenakan racun sianida menghambat sel-sel menerima oksigen ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, hati-hati terhadap sianida ya guys! Kopi tidak mengandung sianida, jadi jangan khawatir mengkonsumsinya. Namun, kamu harus waspada terhadap rokok karena asap rokok mengandung sianida. Perokok aktif maupun pasif dapat terkena dampaknya.
Inilah Bahaya Mematikan Racun Sianida Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top