Sabtu, 23 Januari 2016

Inilah Alasan Negara tidak Mencetak Uang lebih banyak

Masalah perekonomian di Indonesia seringkali diberitakan memburuk. Indonesia pun dari dulu merdeka masih menjadi negara berkembang, belum beranjak menjadi negara maju.

Karena masalah ini, seringkali kita berfikir kenapa Indonesia tidak mencetak uang yang banyak agar bisa membayar semua hutang dan membiayai negara secara menyeluruh, juga agar Indonesia terbebas dari kemiskinan? Tapi ternyata, mencetak uang sebanyak-banyaknya bukanlah solusi untuk mengatasi perekonomian Indonesia.
Ilustrasi inflasi / fxtop.com
Pasalnya, jika uang dicetak terlalu banyak, maka otomatis penduduk akan memegang banyak uang. Dengan begitu, kemampuan membeli kita tinggi dan barang yang akan kita beli menjadi berkurang.

Banyaknya uang yang beredar akan menyebabkan inflasi. Yaitu kenaikan harga barang dan penurunan nilai mata uang. Banyaknya uang yang beredar akan menyebabkan harga menyesuaikan naik, sehingga uang menjadi kurang berharga dan semakin tidak berharga karena jumlahnya terlalu banyak.

Oleh karena itu, pemerintah mencetak uang disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, agar tidak terjadi inflasi.

Di negara lain pun pernah mengalami inflasi yang sangat parah. Misalnya Jerman, setelah kalah dalam perang dunia pertama, negara ini harus membayar kerugian yang banyak. Sehingga mereka mencetak banyak uang.

Akibatnya, uang menjadi tak berharga. Bahkan digunakan untuk bermain anak-anak, menyalakan api untuk kompor, dan dijadikan hiasan dinding rumah. Sungguh tak berharga uang kala itu.

Di Zimbabwe juga pernah terjadi inflasi yang sangat buruk. Karena inflasi tersebut, harga telur mencapai angka milyaran dollar Zimbabwe. Juga Hungaria yang setelah perang dunia dua mencetak uang terlalu banyak. Akhirnya, muncullah kertas uang dengan nominal 1 milyar triliun.

Mengerikan bukan? Itulah alasan Indonesia tidak mencetak uang sebanyak-banyaknya. Bukannya mengatasi kemiskinan dan masalah perekonomian lainnya, tapi malah akan menjadi masalah baru yang lebih berat.
Inilah Alasan Negara tidak Mencetak Uang lebih banyak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top