Jumat, 22 Januari 2016

Haram Hukumnya Sholat Bersama Pacar

Bagi para muda-mudi, pacaran sudah seperti gaya hidup. Mereka merasa jika tidak punya pacar adalah hal yang hina. Makanya timbul ungkapan 'jomblo' yang seringkali menjadi bahan ejekan. Padahal di dalam Islam, yang namanya pacaran itu tidak ada.

Jika ingin memiliki pendamping hidup, menikahlah sehingga nantinya kamu bisa pacaran dengan istri atau suamimu. Para remaja yang masih mempertahankan pacaran menganggap pacaran itu sah saja, asalkan masih berpegang teguh pada agama.
Sholat lelaki dan perempuan / walimah.info
Misalnya sholat yang dilakukan bersama dengan pacar. Niat mereka memang baik, yaitu melaksanakan sholat. Tapi mereka melaksanakan sholat hanya berdua. Cowok yang mengimami dan cewek yang menjadi makmum.

Mereka rasa hal ini benar dan bangga karena tetap menyelesaikan kewajiban untuk sholat. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan. Lelaki dan wanita tidak boleh berada bersamaan tanpa wanita ditemani mahramnya. Dengan alasan apapun, termasuk ketika sholat.

Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Jangan sampai seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan. Jika terjadi makhluk ketiganya adalah setan." (HR. Ahmad 177, At-Turmudzi 2165, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Seorang lelaki tidak boleh mengimami pacarnya karena ditakutkan niat awal dari sholat akan berubah. Meskipun melakukan ibadah, namun tetap ditakutkan jika terjadi fitnah, termasuk juga fitnah syahwat.

Hukum seorang lelaki mengimami seorang perempuan adalah makruh tahrim, yang artinya haram. Kecuali jika seorang suami mengimami istrinya seorang, atau seorang lelaki mengimami beberapa jamaah perempuan, itu boleh saja.

Jika seorang cowok mengimami satu orang cewek saja, maka itu haram. Haram bagi cowok tersebut juga haram bagi sang cewek, dan tentu saja sholat menjadi tidak sah.

Jadi, jika kamu sebagai cewek akan diimami oleh cowok, tapi makmum hanya kamu seorang, lebih baik lakukanlah sholat secara sendiri-sendiri saja.
Haram Hukumnya Sholat Bersama Pacar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top