Senin, 18 Januari 2016

Hal ini Lebih Berharga dari Harta, tapi Seringkali Diabaikan

Allah Ta'ala berbuat sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Ketika seorang hamba berprasangka baik kepada Allah Ta'ala, tentu saja Allah Ta'ala akan memberikan kebaikan baginya, begitu pula sebaliknya. Dan sudah semestinya, kita selalu berbaik sangka kepada Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala telah memberikan berbagai kenikmatan bagi umat-Nya. Namun sayangnya, sebagian besar umat-Nya kurang pandai untuk bersyukur. Seperti satu nikmat ini, yang bahkan lebih berharga daripada harta benda.
Hargailah waktu / erichernandezministries.com
Kenikmatan ini adalah waktu. Waktu adalah hal yang sangat berharga, lebih berharga ketimbang harta. Bahkan, saking berharganya waktu Allah Ta'ala mengabadikan waktu dalam sebuah surat di dalam Al Qur'an, yaitu Al Ashr, Demi Masa.

Orang-orang kurang bisa menghargai dan memanfaatkan waktu dengan baik. Mereka seringkali mengabaikan waktu. Ketika mereka memiliki waktu luang, mereka akan bersantai seolah-olah tak ada pekerjaan yang harus dikerjakan.

Namun, ketika dalam keadaan sibuk, orang akan mengeluhkan mengapa waktu satu hari 24 jam itu tak cukup. Mengapa waktu tak bisa lebih lama lagi. Karena apa? Karena mereka tak dapat memanfaatkannya dengan baik.

Dalam Hadist Riwayat Al-Baihaqi dari Ibn Abbas, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Ada dua nikmat yang terabaikan oleh banyak manusia, yaitu sehat dan waktu luang."

Nikmat adalah salah satu kenikmatan yang terabaikan oleh manusia. Dengan santainya manusia melewati waktu tanpa melakukan suatu pekerjaan yang berguna. Mereka melewatkannya dengan bersantai, bahkan melakukan hal yang tidak perlu.

Sadarlah kawan, hidup ini hanya sekali. Manfaatkan waktu yang telah diberikan oleh Allah Ta'ala dengan sebaik-baiknya. Kerjakanlah hal yang berguna dan tetaplah mentaati perintah Allah Ta'ala, sebelum semuanya berakhir.
Hal ini Lebih Berharga dari Harta, tapi Seringkali Diabaikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top