Kamis, 21 Januari 2016

Cegah Anak ketika Melakukan Duduk seperti ini!

Posisi duduk memang sangat berpengaruh terhadap postur tubuh, tulang, dan kaki. Anak yang memiliki posisi duduk yang tidak sesuai dapat berakibat fatal. Apalagi tulang anak masih muda, mudah sekali untuk berubah.

Jadi, waspada dan awasi terus bagaimana sikap duduk anak. Terlebih jika kamu melihat seorang anak, entah itu keponakan, sepupu, anak sendiri, atau anak kecil siapapun dengan posisi duduk 'W'.
Posisi duduk W / ptcne.org
Posisi duduk W adalah posisi duduk dimana seorang anak duduk dengan menekuk kedua kakinya ke belakang. Biasanya ini dilakukan ketika anak bermain di lantai.

Anak-anak yang bermain lesehan atau bermain di lantai seringkali menggunakan posisi duduk W ini. Alasannya adalah karena dengan posisi ini tubuh mereka menjadi lebih kokoh. Mereka dapat bermain dengan posisi kokoh dengan mainan yang ada di depannya.

Tapi, mereka akan kesusahan ketika ingin bergerak ke samping. Posisi ini juga menyebabkan anak susah untuk mengembangkan pergerakan lebih lanjut dan yang membutuhkan skill tinggi.

Semua anak tidak boleh duduk dengan posisi W ini. Apalagi anak yang memiliki riwayat masalah tulang. Hal ini dapatmenyebabkan dislokasi pinggul, jadi jika ada riwayat displasia atau masalah tulang, posisi ini harus dihindari.

Posisi W memperpendek jarak antara paha belakang, pinggul, rotator internal, dan tumit. Oleh karena itu, jika ada kekakuan otot, posisi ini akan semakin memperparahnya.

Jika ada masalah perkembangan tumbuh yang dialami oleh seorang anak, posisi ini juga harus dihindari. Sebaiknya gunakan terapi agar anak menghilangkan kebiasaan posisi duduk seperti ini.

Cara tepat untuk mencegah anak untuk tidak melakukan posisi W adalah dengan menasehatinya. Ketika anak mulai duduk dengan posisi ini, langsung cegah anak dengan cara yang baik. Beri arahan bahwa posisi ini tidak baik dan tunjukkan posisi lain yang baik bagi anak.

Duduk yang baik yang bisa dicontohkan yaitu duduk dengan bersila, atau meluruskan kaki ke depan, atau bisa juga duduk dengan melipat kaki seperti duduknya sinden. Ini lebih baik dari duduk dengan posisi W.

Oleh karena itu, kita yang sudah mengerti sebaiknya ketika mengetahui keluarga kita, kerabat, atau anak kecil manapun yang duduk dengan posisi seperti ini, sebaiknya langsung dibenarkan posisi duduknya agar pertumbuhan si anak tidak terganggu.
Cegah Anak ketika Melakukan Duduk seperti ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top