Rabu, 06 Januari 2016

Awas! Jangan Pernah Menyingkat Tulisan Assalamu'alaikum

Salam adalah salah satu sapaan ketika kita berjumpa dengan orang lain. Salam dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun. Salam juga menunjukkan bahwa kita menghormati orang lain.

Di dalam agama Islam juga terdapat salam, yaitu Assalamu'alaikum. Kita sering mengucapkan salam tersebut ketika datang atau pergi ke suatu tempat, atau juga bertemu dengan orang lain.
Salam dalam agama Islam
Dalam Assalamu'alaikum mengandung do'a yang artinya 'semoga kebaikan dilimpahkan kepadamu'. Memang suatu do'a yang indah ucapan salam tersebut. Tapi sayangnya, belakangan ucapan Assalamu'alaikum menjadi disingkat.

Terutama ketika menulis salam melalui media elektronik, maksud hati ingin menyingkat tapi malah arti dari kebaikan salam itu tidak ada. Yang ada malah arti buruk karena penyingkatan kata.

Inilah arti kata yang buruk ketika ucapan Assalamu'alaikum disingkat :
  1. As = orang bodoh, keledai
  2. Ass = pantat
  3. Askum = celakalah kamu
  4. Assamu = racun
  5. Samlekum = matilah kamu
  6. Salom/syalom = dari bahasa Ibrani untuk sesama Kristen dan ada 263 kata di dalam kitab perjanjian lama dan perjanjian baru.
  7. Mikum = dari bahasa Ibrani artinya mari bercinta
Di dalam salam, terdapat juga kebaikan berdasarkan panjang pendeknya salam yang diucapkan. Salam pendek, yaitu "Assalamu'alaikum" membawa 10 kebaikan. Salam sedang, yaitu "Assalamu'alaikum warohmatulloh", membawa 20 kebaikan.

Dan yang terakhir adalah salam panjang, yaitu "Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh", yang membawa kebaikan sempurna.

Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah lagi menyingkat salam. Rugilah kita jika menyingkat salam dan tidak mendapatkan kebaikan dari salam itu sendiri.
Awas! Jangan Pernah Menyingkat Tulisan Assalamu'alaikum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top