Kamis, 07 Januari 2016

Apakah setelah Mandi Boleh tidak Wudhu lagi?

Wudhu adalah kegiatan untuk mensucikan diri dari hadas kecil. Berwudhu dilakukan ketika kita akan melaksanakan sholat. Ketika akan membaca Al Qur'an, masuk ke dalam masjid, masuk ke dalam makam, juga dianjurkan berwudhu terlebih dahulu.

Selain untuk menjaga kesucian, wudhu juga dapat menyehatkan kulit. Wajah menjadi bersih sehingga tidak mudah terkena jerawat, karena wajah dibasuh dengan air bersih dengan sering. Selain itu, rongga hidung juga bersih dengan berwudhu.
Berwudhu / muslimfiqih.blogspot.com
Tapi, ada pertanyaan mengganjal yang kerap kali menjadi perdebatan, yaitu apakah setelah mandi boleh untuk tidak berwudhu jika akan sholat?

Seperti halnya wudhu, mandi juga berfungsi untuk membersihkan tubuh. Tapi, seperti yang biasa kita lakukan sehari dua kali itu tidak dapat menggantikan wudhu. Maka, setelah mandi biasa jika akan sholat kita tetap diharuskan untuk berwudhu.

Begitu juga untuk mandi ketika akan sholat hari raya dan sholat Jum'at. Maka, masih diharuskan lagi untuk berwudhu.

Berbeda halnya dengan mandi besar. Menurut jumhur ulama, apabila seseorang telah mengerjakan mandi besar, maka ia tidak perlu berwudhu lagi, seperti yang telah dinyatakan oleh Al-Imam An-Nawawi, Ibnu Batthal, Asy-Syaukani dan para ulama lainnya.

Bahkan, menurut Ibnu Umar ra, berwudhu lagi padahal telah mengerjakan mandi besar dianggap perbuatan yang berlebihan.

Jadi, setelah mandi biasa jika akan sholat kita tetap diharuskan untuk berwudhu. Tetapi, setelah mandi besar, diperbolehkan untuk tidak berwudhu lagi.
Apakah setelah Mandi Boleh tidak Wudhu lagi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top