Rabu, 02 Desember 2015

Nasihat Imam Ghazali tentang Cara Hindari Godaan dari Jin dan Manusia

Sudah menjadi sifat jin yang akan selalu menggoda manusia hingga kiamat nanti. Dengan adanya fakta tersebut, manusia juga seharusnya dapat melindungi dirinya dari godaan jin.

Godaan tak hanya datang dari jin saja. Manusia pun dapat digoda oleh manusia lain yang berbuat jahat. Godaan dapat berupa banyak hal. Dalam hal ini, Imam Ghazali memberikan nasihat kepada umat manusia agar dapat melindungi diri dari godaan jin dan manusia.
Imam Ghazali / ahbaburrosulcikarang.com
Cara pertama adalah dengan membaca ta'awudz. Membaca ta'awudz dijamin akan menghindarkan diri dari godaan jin dan bala tentaranya. Jika tidak membaca ta'awudz, ketika lengah maka jin akan mudah menghasut. Maka dari itu, biasakan untuk selalu membaca ta'awudz.

Dengan seringnya kita membaca ta'awudz, kita akan selalu ingat kepada Allah SWT. Segala perintah Allah SWT dan seruan untuk mengerjakan ibadah tidak akan kita lupakan. Hal inilah yang membuat jin akan iri kepada manusia karena manusia taat kepada Allah SWT.

Cara kedua adalah dengan meninggalkan perbuatan setan. Semua perbuatan buruk adalah karena godaan setan. Setan dan jin menjerumuskan manusia ke dalam keburukan. Mencuri, membunuh, berzina, dan hal buruk lainnya itu sangat tidak baik.

Menghindari tak hanya dilakukan dengan membaca ta'awudz saja, tapi juga dibarengi dengan niatan dan perbuatan yang sesuai dengan kehendak Allah SWT.

Semoga kedua nasihat dari Imam Ghazali ini dapat menjadikan pedoman bagi kita agar hidup kita tenang tanpa godaan jin maupun manusia.
Nasihat Imam Ghazali tentang Cara Hindari Godaan dari Jin dan Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top