Selasa, 15 Desember 2015

Jangan Lakukan Hal Sepele ini jika tidak ingin Persahabatan Rusak!

Sahabat adalah seorang teman yang baiknya melebihi teman biasa. Ia adalah orang-orang yang sangat dekat dengan kita. Tempat kita berbagi segala rahasia, bahkan rahasia yang keluarga belum tahu sudah diceritakan terlebih dulu ke sahabat.

Memiliki sahabat sejati sangat menyenangkan, segala baik buruk dirimu akan diterimanya dengan baik. Tapi, ada hal yang dapat merusak persahabatan selamanya.
Ilustrasi persahabatan / mmo-champion.com
Hal yang melandasi persahabatan adalah rasa saling percaya. Seperti sebuah cerita yang dikisahkan oleh Ustadz Zulfi Akmal dari buku Syeikh Abbas as-Sisi. Suatu ketika dua orang sahabat yang sudah sangat akrab seperti saudara. Keduanya saling percaya.

Saat itu sore hari, sahabat pertama mendatangi sahabat kedua yang merupakan seorang pedagang. Saat itu sahabat yang memiliki toko itu sedang menghitung hasil penjualannya hari ini sebelum menutup toko.

Ketika sang sahabat datang, sahabat yang memiliki toko ini ingin pergi ke toilet. Ia kemudian mempersilakan sahabatnya yang baru datang itu untuk duduk di dekat laci tempat ia menyimpan uang.

Namun, sahabat yang baru datang itu sangat heran dan sakit hati, karena sahabatnya yang memiliki toko itu mengunci laci tempat penyimpanan uang dan mengantongi kunci lacinya di saku bajunya.

Setelah sahabat yang memiliki toko selesai dari toilet, sahabat yang sedang duduk itu bertanya, "Jadi persahabatan yang telah lama kita jalin ini hanya sebatas itu saja? Kamu tidak percaya padaku lagi?."

Karena baru tiba dari toilet, sang sahabat heran, "Apa maksudmu?."

"Kamu mengunci laci tempat penyimpanan uangmu dan mengantongi kuncinya. Padahal, ada aku di sini yang menjaganya, apa kau tidak percaya padaku?."

"Kau salah paham, ketika kau datang aku barang sekali menghitung uang ini. Aku belum sempat mengulangi lagi karena aku harus ke toilet dan kamu datang. Jika aku ulang lagi dan hitunganku tidak sama, aku takut dihasut setan dan menuduhmu mengambilnya. Maka dari itu aku mengunci laci ini supaya tidak terjadi fitnah dan pertengkaran di antara kita," jawabnya bijak.

Sang sahabat yang bertanya tadi mengerti dan kemudian kedua sahabat itu saling berpelukan meminta maaf.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kisah ini dan semoga persahabatanmu tetap terjalin baik.
Jangan Lakukan Hal Sepele ini jika tidak ingin Persahabatan Rusak! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top