Selasa, 01 Desember 2015

Inilah Mitos yang ada di Indonesia ketika Orang Sakit

Penyakit dapat menyerang siapa saja tanpa pandang orangnya. Siapapun yang sudah ditakdirkan sakit, maka akan sakit juga.

Uniknya, di Indonesia sakit bisa disembuhkan walau tidak mengkonsumsi obat. Ada yang disembuhkan dengan pijat, kerokan, bahkan hanya dengan istirahat. Tentunya ini untuk penyakit yang ringan ya. Di Indonesia sendiri ada mitos-mitos yang berkembang hingga sekarang ketika sakit.

Inilah mitos yang ada di Indonesia ketika orang sakit :
  1. Jangan Mandi saat Demam

    Walaupun demam tetep mandi ya / teammcpherson.blogspot.com
    Demam adalah kondisi tubuh dimana suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya. Mitos untuk tidak mandi adalah salah, malahan orang yang demam diharuskan mandi karena air dapat menurunkan suhu tubuh. Tapi jika demam hingga menggigil, sebaiknya mandi dengan air hangat.
  2. Ketika Diserang Angin Duduk jangan Dipijat atau Dikerok

    Kerokan / disehat.com
    Angin duduk adalah gejala penyakit jantung berat. Ketika terjadi hal seperti ini, sebaiknya jangan dipijat atau dikerok, melainkan beri penanganan berupa pemberian oksigen, obat, dan diagnostik khusus.
  3. Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik

    Mandi malam hari tetap boleh kok / justadadwithquestions.wordpress.com
    Ini tidak benar! Mandi boleh dilakukan di malam hari meskipun itu dengan air dingin, tapi ini untuk orang yang sehat dan tidak ada penyakit rematik. Bagi penderita rematik juga boleh mandi di malam hari, asalkan mandi dengan air hangat.
  4. Memakai Pakaian Tebal ketika Demam

    Memakai pakaian tebal atau selimut ketika demam sebaiknya dihindari / pbmassagetherapy.com
    Meski tubuh terasa dingin, tapi suhu tubuh ketika demam itu meningkat. Sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang tebal karena dapat membuat suhu tubuh semakin tinggi, justru kenakan pakaian yang tipis saja.
  5. Masuk Angin Harus Dikerok

    Kerokan / suaramedan.com
    Kerokan ketika masuk angin bukanlah untuk mengeluarkan anginnya, melainkan memecahkan pembuluh kapiler yang ada di kulit paling luar. Gejala masuk angin seolah hilang setelah dikerok karena kerokan menimbulkan rasa sakit di kulit sehingga rasa masuk angin seolah hilang.
  6. Ketika Sakit Campak atau Cacar Air tidak boleh Mandi

    Cacar air sebaiknya mandi / disehat.com
    Sama halnya dengan demam, penderita campak atau cacar air sebaiknya mandi, malah harusnya lebih sering. Karena cacar air itu merupakan penyakit kelainan kulit yang salah satu cara menyembuhkannya selain obat adalah dengan mandi lebih sering agar perluasan penyakit dapat dicegah.
Itula mitos-mitos di Indonesia ketika orang sakit. Jadi, sakit bukan alasan untuk tidak mandi ya, malah ketika sakit dianjurkan mandi agar badan lebih sehat.
Inilah Mitos yang ada di Indonesia ketika Orang Sakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top