Jumat, 11 Desember 2015

Inilah Ghibah yang Diperbolehkan dalam Islam

Ghibah atau gosip adalah perbuatan yang tercela. Sebaik apapun bentuk gosip itu, tetap saja namanya membicarakan orang lain, dan Islam melarang perbuatan tersebut.

Karena, dengan gosip bisa menyebabkan pelakunya berlaku fitnah. Tapi ternyata, di dalam Islam ghibah itu diperbolehkan, asal mengikuti syarat-syarat tertentu.
Ilustrasi Ghibah / sarkub.org

Inilah ghibah yang diperbolehkan dalam Islam :

  1. Untuk mengingatkan umat Islam dari perbuatan buruk. Misalnya menilai negatif seorang saksi demi keadilan dan kebenaran. Ini dibolehkan, asalah dengan maksud kebenaran syariat, bukan menghina atau melecehkan.
  2. Mengenalkan seseorang. Misalnya mengenalkan seseorang menurut bentuk fisiknya, seperti 'gembul', 'item', dan sebagainya dengan maksud untuk mengenalkannya, bukan mengejeknya. Tapi sebaiknya gunakan sebutan lain.
  3. Disaat seseorang merasa terzalimi, boleh baginya untuk mengadukan hal tersebut kepada pihak yang berwenang agar orang yang menzalimi tidak melakukan hal tersebut lagi.
  4. Seseorang yang melakukan bid'ah secara terang-terangan. Bolah bagi orang lain untuk mengatakan bahwa perbuatan bid'ah tersebut terlarang.
  5. Untuk meminta bantuan dalam mengubah kemungkaran dan mengarahkan pelakunya kembali berbuat kebenaran.
Itulah ghibah yang diperbolehkan dalam Islam. Hal ini diperbolehkan semata-mata untuk memperbaiki perilaku seseorang, bukan untuk membolehkan ghibah secara keseluruhan.
Inilah Ghibah yang Diperbolehkan dalam Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top