Sabtu, 26 Desember 2015

Hati-hati! Inilah Gejala Autistik pada Anak

Tumbuh kembang anak haruslah diperhatikan sejak bayi. Dengan begitu, orang tua dapat mendeteksi segala perubahan yang terjadi pada anak. Salah satunya adalah gejala autistik.

Gejala autistik atau autisme, merupakan keterlambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan. Ini sangat berbahaya karena anak tumbuh dan berkembang lebih lambat dari usianya.
Ilustrasi anak autis / autism.kennedykrieger.org
Gejala yang pertama kali terlihat jika anak anda menderita autis adalah kurangnya tanggap oleh anak tersebut. Ia tidak akan cepat menyahut bahkan menoleh ketika namanya dipanggil. Ia juga jarang tersenyum, tertawa, menangis, atau marah sebagai wujud ekspresi terhadap keadaan sekitar.

Kemudian perhatikan perilakunya, apakah anak senang bereksperimen dengan anggota tubuhnya atau tidak. Bentuk eksperimen misalnya mengeluarkan lidah atau menyembur-nyemburkan air liur, ini lumrah terjadi pada bayi.

Juga kontak mata harus anda perhatikan, bayi normal akan merespon dan matanya mengikuti apa yang ia lihat di depannya. Misalnya sedang bermain dengan sang ibu, anak akan mengikuti kemana wajah sang ibu pergi.

Jika anak anda tidak menunjukkan tanda-tanda seperti di atas, mungkin saja anak anda mengalami gejala autistik. Segeralah tanyakan pada dokter agar bisa segera ditangani.

Semoga artikel ini membantu ya!
Hati-hati! Inilah Gejala Autistik pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top