Senin, 02 November 2015

Unik! Kadal ini Panjang seperti Ular

Kadal dan ular, merupakan hewan yang sama-sama masuk dalam golongan hewan reptil. Mereka sama-sama memiliki sisik dan bergerak dengan cara melata.

Seperti bentuk ular pada umumnya, ular tidak memiliki kaki. Tapi kadal memiliki kaki dan berjumlah empat kaki. Tapi, ada jenis kadal yang panjang mirip sekali dengan ular, sekilas memang tampak seperti ular.
Kadal skink / youtube.com
Ini adalah kadal skink. Bentuknya memang sangat mirip dengan ular. Ia panjang dan bergerak meliak-liuk layaknya ular. Namun, ketika dilihat dengan seksama, kadal ini memiliki empat kaki tapi sangat kecil.

Kadal langka ini berhasil diabadikan oleh seorang fotografer asal Belanda, Sjoerd van Berge Henegouwen, ketika berkunjung ke Masai Mara di Kenya. Awalnya, Sjoerd tidak menyangkan bahwa itu kadal, sampai seorang jagawana memberitahu bahwa itu seekor kadal.

Dengan cepat, fotografer berusia 48 tahun ini mengabadikan kadal tersebut sebelum berlari ke rerumputan. Kadal itu memiliki corak mirip sekali dengan ular, tapi memiliki empat kaki kecil bahkan sangat kecil, juga lidahnya yang tidak bercabang seperti ular.

Saat sampai di rumah, ia kemudian mencari berita mengenai kadal tersebut, dan ciri-cirinya sama dengan Western Serpentiform Skink. Tapi sayangnya ia kesulitan menemukan gambar yang cocok dengan deskripsi itu di internet.

Kemudian, ia mengupload foto hasil jepretannya ke akun Facebook miliknya. Dan benar saja, fotonya itu mendapat banyak komentar dari para herpetologis di seluruh dunia.

"Ini adalah foto hidup pertama dari Western Serpentiform Skink yang kau temukan," kata Dr. Phillip Wagner, seorang herpetologis asal Jerman.

Wagner juga meminta izin kepada Sjoerd untuk menerbitkan hasil penemuannya itu di buku-buku tentang reptil.

Sangat menarik ya readers? Pasti kalian juga belum tahu tentang hewan ini kan?
Unik! Kadal ini Panjang seperti Ular Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top