Minggu, 22 November 2015

Ngeri! Ternyata Makanan Sehat ini Dibuat dari Cacing!

Cacing tanah merupakan hewan berlendir dan berbentuk panjang. Keberadaan cacing tanah seringkali membuat manusia jijik dan dianggap mengganggu.

Cacing dianggap sebagai parasit karena membawa penyakit, misalnya cacing pita. Tapi, tak semua cacing itu berbahaya. Ada juga cacing yang dijadikan sebagai makanan dan dikonsumsi manusia. Penasaran?

Inilah makanan yang dibuat dari cacing :
  1. Palolo, Cacing Pengganti Daging

    Cacing Palolo / britannica.com
    Cacing palolo memiliki warna oranye dan bentuk agak mengerikan, yaitu seperti kelabang. Cacing ini dikonsumsi di wilayah Indonesia, Fiji, dan Samoa. Di Indonesia, tepatnya di Maluku dan Papua cacing ini digunakan sebagai pengganti daging dan diolah dengan cara digoreng atau dicampur dengan sayur-mayur.
  2. Cacing Tanah, untuk Obat

    Cacing tanah / eattheweeds.com
    Cacing tanah banyak mengandung enzim dan protein yang berguna bagi tubuh. Salah satu enzim yang berguna bagi pencernaan tubuh yang ada pada cacing tanah adalah enzim selulose. Biasanya dibuat untuk obat penyakit typus. Cacing tanah diolah dengan cara di blender, atau dibuat bubuk dan dikemas dalam kapsul agar pengkonsumsi tidak jijik.
  3. Tamilok, Cacing Kayu untuk Makanan

    Tamilok / pasyarpalawan.tripod.com
    Tamilok adalah jenis cacing yang hidup di kayu, mereka menggerogoti kayu untuk dapat tinggal di dalam kayu. Tapi orang-orang di Filipina memburunya di hutan bakau untuk diambil sebagai bahan makanan, yaitu tamilok. Tamilok dibuat dari cacing kayu segar yang kemudian diberi cuka juga saus cabai lalu disajikan di meja makan.
  4. Sal de Gusano, Cacing sebagai Penyedap Rasa

    Sal de Gusano / mixococooks.typepad.com
    Sal de gusano adalah bumbu bubuk yang dibuat dari cacing. Bumbu ini adalah bumbu khas Meksiko. Sal de gusano dibuat dari garam, cabai, dan tentu saja cacing, yang kesemua bahan itu dijadikan satu kemudian dikeringkan dan dihaluskan. Biasanya orang Meksiko menggunakannya sebagai cocolan dan kamu bisa mencobanya karena wujudnya tidak membuatmu kehilangan nafsu makan.
  5. Wawo, Cacing Laut Goreng

    Cacing wawo / riset-laor.blogspot.com
    Menurut penelitian, cacing wawo sangat tinggi akan protein dan gizinya. Jika ke Maluku atau Raja Ampat, sempatkan untuk mencicipi cacing wawo ini. Biasanya orang-orang daerah tersebut mengolah cacing wawo dengan cara digoreng.
Itulah makanan olahan dari cacing, kamu berani coba yang mana?
Ngeri! Ternyata Makanan Sehat ini Dibuat dari Cacing! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top