Minggu, 01 November 2015

Ngeri! Negara ini sering Tertimpa Bom

Perang memang mengerikan, apalagi perang yang termasuk skala besar hingga melibatkan serangan darat, laut, dan udara. Pada zaman dahulu, perang sering terjadi di berbagai belahan dunia. Entah karena perebutan kekuasaan, atau karena adanya negara adikuasa ingin memusnahkan negara tujuan perang.

Perang pasti menyisakan duka dan bekas-bekas lainnya. Tak hanya trauma yang dialami oleh orang-orang, tapi bisa juga orang terkena penyakit atau cacat akibat perang.

Selongsong bom yang digunakan sebagai penopang rumah / tanzaniatoday.co.tz
Seperti perang Vietnam 40 tahun lalu, yang terjadi antara tahun 1964 hingga 1973. Pada perang antara Vietnam dan Amerika Serikat, Amerika Serikat menjatuhkan lebih dari dua juta ton bom selama perang.

Sebanyak 580.000 misi pengeboman yang dilancarkan oleh Amerika Serikat kepada Vietnam. Ini setara dengan delapan menit sekali bom dijatuhkan selama 24 jam.

Memang bom itu tidak semua meledak, ada yang sampai ke tanah tapi tidak meledak langsung. Malah meledak di beberapa hari atau bulan kemudian tanpa diduga. Yang mengkhawatirkan, karena dapat meledak sewaktu-waktu, dapat melukai orang-orang disekitarnya termasuk anak-anak.

Yang lebih ironis, bom yang jatuh dan tidak meledak itu malah sengaja dibuka oleh penduduk sekitar. Bom seberat 900 kg itu sengaja dibuka oleh warga sekitar untuk mendapatkan logam di dalamnya yang dapat dijual kepada pedagang rongsok dan dapat laku USD 100.

Memang itu sangat menggiurkan bagi warga setempat mengingat mereka hidup dalam kondisi kemiskinan. Bahkan, bom-bom bekas tersebut digunakan sebagai penyangga rumah, perahu, dan tak jarang digunakan sebagai tempat air dan pot bunga.

Kemiskinan ini juga diakibatkan oleh lambatnya kemajuan dan anggaran yang terbatas. Bahkan, di tahun 2012 sebanyak 29.000 orang telah meninggal akibat kecelakaan tersebut.

Memang ironis ya readers?
Ngeri! Negara ini sering Tertimpa Bom Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top