Kamis, 26 November 2015

MasyaAllah, Inilah Manfaat dari Berwudhu

Berwudhu merupakan salah satu cara mensucikan diri sebelum kita beribadah atau akan melakukan kegiatan di dalam masjid. Dengan berwudhu, kita bisa menghilangkan kotoran-kotoran di tubuh kita.

Mulai dari kotoran di kepala hingga ujung kaki, juga rongga-rongga seperti hidung, mulut, hingga telinga dapat kita bersihkan ketika berwudhu. Bayangkan saja, jika tidak berwudhu kita hanya membersihkannya dua kali dalam sehari ketika mandi, dan jika berwudhu kita bisa membersihkannya minimal lima kali dalam sehari.
Berwudhu / kaffah.biz
Wudhu pun juga tidak hanya dilakukan sebelum beribadah, sebelum tidur pun kita dianjurkan berwudhu karena Rasulullah juga berwudhu sebelum tidur. Berwudhu sebelum tidur dapat menjaga kesucian kita dan Allah SWT akan memerintahkan malaikat-Nya untuk menjaga kita ketika tidur.

Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, 'Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'." (HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Selain itu, seseorang yang berwudhu sebelum tidur dapat menyelamatkan kita jika kita meninggal saat tidur. Ketika kita meninggal saat tidur dan sebelumnya kita berwudhu, kita bisa meninggal dalam keadaan syahid di sisi Allah SWT.

Jadi, berwudhu sebelum tidur merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW dan jika dikerjakan maka akan memperoleh kedudukan mulia di sisi Allah SWT. Ingat bahwa arwah yang dibangkitkan akan sesuai dengan kondisi pada saat ia dicabut.

Selain itu, berwudhu juga bisa untuk merawat kecantikan. Karena percikan air dapat menyapu debu-debu dan kotoran di wajah, sehingga kita bisa terbebas dari berbagai masalah wajah.

Begitu banyaknya manfaat dari berwudhu. Selain bermanfaat di bidang jasmani, juga bermanfaat bagi rohani kita.
MasyaAllah, Inilah Manfaat dari Berwudhu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top