Jumat, 06 November 2015

Inilah Sumber Mata Air yang tak Lazim di Dunia

Semua makhluk hidup butuh air. Air merupakan salah satu komponen alam yang sangat dibutuhkan. Jika kemarau datang, pasti semua kesusahan. Air bersih sulit didapat, akhirnya tidak bisa makan dan minum juga mandi. Bayangkan jika tidak ada air di bumi ini, maka makhluk hidup akan cepat mati.

Di dunia ini air terbagi menjadi dua, yaitu air tawar dan air asin. Dimana jumlah air asin lebih banyak dari air tawar. Air asin berada di laut, sedangkan air tawar muncul di mata air pegunungan. Berbicara tentang mata air, di dunia ada mata air yang munculnya secara tidak lazim.

Inilah sumber mata air yang tak lazim di dunia :
  1. Yanar Bulaq

    Yanar Bulaq / stevehollier.wordpress.com
    Pernah mendengarkan lagu Band Naif yang berjudul Air dan Api? Lagu itu menceritakan tentang kehidupan pasangan bagaikan air dan api yang tidak dapat menjadi satu. Tapi, sumber mata air Yanar Bulaq, yang ada di Azerbaijan malah muncul dari api!

    Yap, mata air ini akan muncul ketika diberi api dan semakin banyak api maka airnya akan banyak keluar juga. Hal ini terjadi karena di air tersebut mengandung zat metana yang membuat air ini mudah terbakar.
  2. Mata Air Iblis di Knaresborough

    Mata air ini dikatakan mata air iblis karena mata air ini dapat mengubah segala benda menjadi batu, termasuk manusia. Siapapun yang masuk ke mata air ini akan menjadi batu dalam waktu beberapa bulan.
    Mata air yang dapat mengubah benda menjadi batu / en.dailypakistan.com.pk
    Mata air ini terletak di Knaresborough, Yorkshire Utara, Inggris. Keanehannya karena dapat mengubah benda menjadi batu menjadikan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dan mereka sengaja meninggalkan barang-barang untuk membuktikan apakah benar menjadi batu. Air ini dapat mengubah segala benda menjadi batu karena kandungan mineralnya yang sangat banyak.
  3. The Grand Prismatic Spring

    Ini adalah sumber air yang menakjubkan dimana warna air di seluruh danau membentuk pelangi! Bagian tengah berwarna biru tua, kemudian hijau, lalu kuning, dan semakin keluar berwarna jingga. The Grand Prismatic berada di Taman Nasional Yelowstone, Wyoming, Amerika Serikat.
    The Grand Prismatic Spring / travelsandliving.com
    Sumber air ini dapat berwarna seperti ini karena adanya bakteri yang membentuk mikrobial di sekeliling danau yang mengakibatkan warna dan suhu pada danau. Ketika musim panas, warna akan dominan kuning dan pada musim dingin cenderung biru kehijauan.
Itulah sumber mata air yang tak lazim di dunia. Aneh dan indah ya readers?
Inilah Sumber Mata Air yang tak Lazim di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top