Senin, 23 November 2015

Inilah Cara untuk Mempertajam Indera

Manusia diberi anugerah oleh Tuhan berupa indera dalam tubuh. Umumnya orang-orang memiliki lima indera. Ada juga yang memiliki enam indera.

Ke lima indera itu antara lain indera pendengar, indera penglihatan, indera pengecap, indera peraba, dan indera penciuman. Selama ini kita menganggap indera yang ada di tubuh kita ini sudah berfungsi dengan baik. Tapi ternyata, kita masih bisa mempertajam indera kita.

Inilah cara untuk mempertajam indera kita :
  1. Indera Pendengar

    Mendengarkan musik dengan earphone dapat mempertajam indera pendengar / nikkijowen.com
    Mudah untuk mengasah ketajaman indera pendengar kita. Yaitu dengan mendengarkan musik menggunakan earphone. Lalu dengarkan musik dengan detil, jangan hanya vokalnya saja. Tapi juga dengarkan bassnya, alunan drum, atau instrumen musik yang lain.
  2. Indera Penglihatan

    Indera Penglihatan / colorful.bigbangfish.com
    Mata adalah organ tubuh yang juga merupakan indera penglihatan kita. Agar indera penglihatan kita tajam, perhatikanlah benda-benda atau segala kejadian yang ada di sekitarmu dengan detail. Gerakan mulut, gerakan wajah, warna dalam lukisan yang sangat kecil, dan hal-hal lain yang jarang diperhatikan orang lain. Dengan begitu, indera penglihatanmu akan terasah.
  3. Indera Pengecap

    Indera Pengecap / stuff.co.nz
    Sering sekali kita memakan sesuatu, tapi kita tahu rasanya karena melihatnya terlebih dahulu. Misalnya, kita bisa tahu kalau lemon itu asam karena kita sudah melihatnya. Coba rasakan berbagai makanan dengan beragam rasa, cicipilah satu per satu sambil menutup mata. Itu akan melatih ketajaman indera pengecapmu.
  4. Indera Peraba

    Menyentuh benda tanpa melihat membantu mempertajam indera peraba
    Indera peraba kita adalah kulit. Cara agar indera peraba lebih tajam adalah dengan meraba benda-benda dengan menutup mata. Rasakan tekstur dari benda tersebut, halus dan kasarnya, bentuknya bagaimana, juga rasakan perbedaan suhu dari benda tersebut. Misalnya memegang sesuatu yang panas dan dingin secara bersamaan.
  5. Indera Penciuman

    Melatih indera penciuman dengan mencium berbagai bahan makanan / mensfitness.com
    Indera penciuman manusia adalah hidup. Kamu bisa melatih indera penciumanmu dengan menutup mata dan mencium bau di sekitarmu. Bedakan antara satu bau dengan bau lainnya. Latih juga ketajaman indera penciuman dengan mencium bau bumbu-bumbu dapur, misalnya garam, bawang, dan bumbu lainnya.
Itulah cara sederhana untuk mengasah ketajaman ke-lima indera mu. Selamat mencoba!
Inilah Cara untuk Mempertajam Indera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top