Minggu, 29 November 2015

Inilah Cara Membedakan Es Air Mentah dengan Es Air Matang

Di Indonesia yang beriklim tropis dan sangat panas ini, sangat cocok bila kita minum es. Dinginnya es dapat menyegarkan tubuh ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Tapi, kita juga perlu waspada terhadap es yang kita konsumsi. Terkadang ada juga oknum-oknum nakal yang membuat es dari air mentah, dan tentu saja itu tak layak minum. Untuk itu, kita sebagai konsumen juga harus cerdas dalam memilih mana es dari air mentah dan mana es dari air matang.

Inilah cara membedakan es air mentah dengan es air matang :
  1. Es dari Air Mentah

    Es batu dari air mentah / praditamauliadita.wordpress.com
    Sangat mudah mendeteksi mana es air mentah. Biasanya, ciri fisik dari es ini adalah warnanya yang putih pekat. Hal ini dikarenakan banyaknya gas yang terperangkap membeku menjadi es, sehingga warnanya menjadi putih pekat. Es ini juga biasanya ada pada es balok.
  2. Es dari Air Matang

    Es dari air matang / mitramesin.com
    Ciri fisik dari es batu yang terbuat dari air matang adalah warnanya yang bening. Hal ini karena gas dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. Biasanya es pada air matang ada pada es kristal yang bening.
Itulah ciri yang mudah kita kenali dari es batu yang terbuat dari air mentah dan es batu yang terbuat dari air matang. Tentu sangat bahaya jika kita mengkonsumsi es batu dari air mentah. Karena air yang mentah mengandung banyak bakteri, salah satunya bakteri E Colli. Hal ini bisa menyebabkan masalah pencernaan di tubuh.
Inilah Cara Membedakan Es Air Mentah dengan Es Air Matang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ratih April
 

Top